Bugar

Dapatkan Kulit Lembab & Glowing, 5 Nutrisi yang Harus Dipenuhi untuk Kulit

Dapatkan Kulit Lembab & Glowing, 5 Nutrisi yang Harus Dipenuhi untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Pentingnya untuk dipenuhi, inilah beberapa nutrisi untuk kulit lembab dan glowing. Kulit yang lembap, sehat, dan bersinar dapat menunjang penampilan, sehingga kepercayaan diri pun jadi meningkat. 

Oleh karena itu, Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam juga agar kulit bisa menjadi sehat secara optimal. 

Melansir dari senka.id, simak lima nutrisi yang harus dipenuhi untuk kulit lembab dan glowing, yaitu: 

1. Vitamin A

Nutrisi yang dibutuhkan kulit lembab dan glowing adalah vitamin A. Kandungan betakaroten pada Vitamin A yang kaya antioksidan membuatnya mampu memberikan efek positif bagi kulit, seperti memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencerahkan wajah, menghaluskan kulit, dan juga bantu mengontrol timbulnya jerawat. 

Supaya manfaat dari Vitamin A lebih terasa, Anda bisa mengonsumsi wortel, susu, keju, telur, atau sayuran berdaun hijau tua lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk dengan senyawa aktif Retinoid (turunan dari Vitamin A) yang dapat mempercepat proses regenerasi sel. 

2. Vitamin C

Nutrisi yang dibutuhkan kulit selanjutnya adalah vitamin C. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga tanda penuaan dapat dicegah sejak dini.

Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan Vitamin C dalam rangkaian skincare routine milik Anda atau konsumsi buah sitrus (jeruk dan lemon) atau sayuran, seperti brokoli, bayam, dan paprika merah. 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Benar

3. Vitamin D

Kemudian, vitamin D juga diperlukan oleh kulit. Sebagai vitamin yang dapat larut dalam lemak, Vitamin D erat kaitannya dengan sistem imunitas tubuh. Kalau fungsi kekebalan memburuk, skin barrier jadi lemah dan berpotensi terjadi peradangan pada kulit.

Demi mempercepat proses pemenuhan nutrisi untuk kulit tersebut, masukan sumber Vitamin D, seperti ikan salmon, minyak hati ikan kod, telur, sereal dan oatmeal dalam daftar makanan harian Anda. 

4. Vitamin E

Nutrisi yang dibutuhkan kulit berikutnya adalah vitamin E. Vitamin E dipercaya mampu mengurangi peradangan, mempercepat proses regenerasi kulit, melembapkan, meningkatkan elastisitas kulit, serta menjaga kulit dari paparan sinar matahari berlebih karena dapat melawan radikal bebas.

Wajar saja jika vitamin E sering ditemukan dalam produk perawatan kulit. Soalnya, Vitamin E dibutuhkan epidermis kulit untuk memperbaiki sel yang rusak.

Biar asupan Vitamin E makin maksimal, santaplah makanan yang mengandung Vitamin E tinggi, contohnya bayam, alpukat, brokoli, serta kacang almond. 

5. Asam Lemak Esensial

Nutrisi yang dibutuhkan kulit lainnya adalah asam lemak esensial. Nutrisi ini mampu menurunkan kadar kolesterol, jenis lemak tak jenuh ini juga mampu mengatasi jerawat, mengurangi kemerahan akibat peradangan, mencerahkan sekaligus melembapkan kulit.

Apabila ingin merasakan manfaatnya, Anda bisa mengubah pola makan, contohnya melakukan diet Mediterania yang banyak mengonsumsi asam lemak esensial, seperti ikan, alpukat, atau minyak zaitun. 

Nah, itulah beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit lembab dan glowing. Selain itu, masih banyak lagi nutrisi-nutrisi untuk kulit lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News