Keluarga

Kenali Aturan Satu Menit, Cara Mudah Menjaga Dapur Tetap Bersih

Kenali Aturan Satu Menit, Cara Mudah Menjaga Dapur Tetap Bersih

MOMSMONEY.ID -  Salah satu cara mengatasi rasa malas membersihkan dapur adalah menggunakan aturan satu menit. Yuk pelajari aturan ini supaya dapur tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang menumpuk!

Pernahkah Anda merasa lelah melihat dapur yang sangat mudah kotor? Terkadang kondisi dapur yang mudah kotor membuat kita jadi malas masak. Jika Anda merasakan situasi yang sama coba mengenal cara menjaga dapur tetap bersih menggunakan aturan satu menit ini atau one minute rule.

Melansir Taste of Home, aturan satu menit untuk menjaga dapur tetap bersih ini pada dasarnya membersihkan ketika Anda memasak. Hasilnya saat selesai makan, hampir semua piring sudah bersih dan dapur juga jadi lebih bersih. 

Baca Juga: Harus Coba! 4 Cara Merawat Rambut Berminyak dan Rontok pada Pria

Apa itu sistem atau aturan satu menit untuk menjaga dapur tetap bersih? 
Aturan satu menit ini mengharuskan Anda melakukan tugas apapun yang bisa diselesaikan dalam waktu satu menit. Ini adalah cara untuk mengelabui diri sendiri supaya bisa melakukan hal-hal kecil saat itu juga dari pada menundanya sampai menumpuk dan menjadi daftar tugas yang harus dilakukan. 
Jadi, dari pada menentukan prioritas tugas apa yang perlu diselesaikan Anda bisa menilai setiap tugas berdasarkan waktu yang diperlukan. Jika pekerjaan bisa diselesaikan saat itu juga dan tidak memakan banyak waktu, segera lakukan.

Misalkan, Anda menggunakan banyak peralatan dapur untuk memasak. Setelah selesai memasak biasanya Anda akan menumpuk peralatan kotor di wastafel dan mencucinya nanti saat semua sudah tertumpuk. Tapi kebiasaan ini akan membuat Anda malas membersihkan dan akhirnya malas memasak lagi.

Dengan menggunakan aturan satu menit, Anda bisa mencuci sendok setelah digunakan untuk mengaduk atau menyeka sisa tepung atau minyak yang bersebaran di dapur sambil menunggu masakan matang. Tugas ini tak membutuhkan waktu lebih dari satu menit. Selain itu dapur jadi tetap bersih. 

Baca Juga: Bisa Dicoba, Inilah Cara Diet Sehat yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa

Demikian cara menjaga dapur tetap bersih dengan menggunakan aturan satu menit. Yuk mulai dari sekarang, segera bersihkan peralatan memasak setelah Anda memakainya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News