Bugar

Kenali 9 Makanan Penyebab Kulit Gatal, Bisa Jadi Pemicu Alergi

Kenali 9 Makanan Penyebab Kulit Gatal, Bisa Jadi Pemicu Alergi

MOMSMONEY.ID. Kenali makanan yang menyebabkan kulit gatal akibat alergi dan non-alergi. Ada alasan mengapa kulit bisa merasakan rasa tidak nyaman setelah Anda konsumsi makanan tertentu.

Beberapa jenis makanan tertentu dapat memicu reaksi alergi atau sensitivitas pada beberapa individu, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Reaksi alergi makanan dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan gatal-gatal bisa menjadi salah satu gejalanya.

Makanan dapat menyebabkan kulit gatal karena adanya reaksi alergi, intoleransi makanan, atau mekanisme lain yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh atau reseptor saraf kulit.

Baca Juga: 6 Efek Samping Ketumbar Jika Dikonsumsi Berlebihan dan Terus-Menerus, Bikin Diare

Kulit gatal

Berikut adalah beberapa alasan mengapa makanan bisa menyebabkan gatal pada kulit:

  • Reaksi Alergi Makanan: Reaksi alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merespons salah satu protein dalam makanan sebagai ancaman. Ini dapat menyebabkan pelepasan histamin dan zat-zat inflamasi lainnya yang dapat menyebabkan gejala alergi, termasuk gatal-gatal pada kulit. Contoh makanan yang seringkali menjadi penyebab alergi makanan adalah kacang, telur, susu, ikan, kerang, dan gandum.
  • Intoleransi Makanan: Intoleransi makanan adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna atau memproses suatu jenis makanan dengan benar. Contohnya adalah intoleransi laktosa, di mana tubuh tidak dapat mencerna gula susu (laktosa). Intoleransi ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan gejala kulit seperti ruam dan gatal-gatal.
  • Reseptor Saraf Kulit: Beberapa zat yang ada dalam makanan dapat mempengaruhi reseptor saraf kulit dan merangsang rasa gatal. Ini terutama terkait dengan makanan yang mengandung senyawa tertentu seperti histamin, yang bisa menyebabkan respons gatal pada beberapa individu.
  • Reaksi Imunologis Non-Alergi: Meskipun bukan reaksi alergi, beberapa makanan dapat memicu respon imunologis yang merangsang produksi zat-zat inflamasi. Ini dapat menghasilkan gejala seperti kemerahan, bengkak, dan gatal pada kulit.
  • Interaksi dengan Obat atau Alergen Lain: Beberapa makanan dapat berinteraksi dengan obat atau alergen lain dalam tubuh, memicu reaksi yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit.
  • Peningkatan Produksi Histamin: Beberapa makanan yang mengandung histamin atau merangsang pelepasan histamin dari tubuh dapat menyebabkan respons gatal pada kulit pada orang yang rentan.

Nah, makanan yang umumnya dikaitkan dengan reaksi alergi kulit atau gatal-gatal wajib Anda ketahui.

Simak daftar makanan penyebab kulit gatal yang perlu Anda waspadai dilansir dari Web MD.

Baca Juga: Aspirin Obat Penghilang Rasa Sakit, Cek Asal-Usul, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Daftar makanan penyebab kulit gatal

1. Kacang Tanah

Salah satu makanan penyebab kulit gatal adalah kacang. Reaksi alergi terhadap kacang atau kacang tanah dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, dan bahkan pembengkakan pada kulit.

2. Susu dan Produk Susu

Kemudian, apabila mendapati kulit gatal setelah konsumsi susu, bisa jadi Anda memiliki alergi terhadap laktosa. Alergi susu atau produk susu dapat menyebabkan reaksi kulit, seperti gatal-gatal, ruam, dan dermatitis.

3. Makanan Pedas atau Berbumbu

Makanan pedas atau berbumbu tertentu dapat menyebabkan reaksi kulit seperti kemerahan dan iritasi pada beberapa orang.

4. Buah Citrus

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi kulit terhadap buah-buahan citrus, seperti jeruk atau lemon, yang dapat menyebabkan gatal-gatal.

5. Cokelat

Alergi terhadap cokelat atau komponen cokelat tertentu bisa menyebabkan reaksi kulit, meskipun ini cukup jarang.

6. Telur

Salah satu makanan paling umum yang bisa menjadi indikasi penyebab kulit gatal adalah kandungan proten pada Telur. Hal ini karena telur merupakan salah satu alergen umum yang dapat menyebabkan reaksi kulit seperti gatal-gatal, ruam, dan peradangan.

7. Gandum

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap gluten, yang ditemukan dalam gandum dan produk-produk gandum. Ini dapat mengakibatkan masalah kulit termasuk gatal-gatal.

8. Ikan dan Kerang

Beberapa ikan laut bisa menjadi salah satu alergen penyebab kulit gatal. Kondisi tubuh saat alergi terhadap ikan atau kerang dapat menyebabkan reaksi kulit seperti ruam merah, gatal-gatal, dan pembengkakan.

9. Makanan Pengawet atau Pewarna

Bahan-bahan kimia dalam makanan seperti pengawet atau pewarna tertentu dapat memicu reaksi kulit pada beberapa individu yang sensitif.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang akan merasakan reaksi alergi atau gatal-gatal setelah mengonsumsi makanan-makanan ini. Reaksi alergi kulit bisa sangat bervariasi antara individu.

Pastikan Anda mengetahui lebih lanjut kondisi alergi maupun non alergi dengan berkonsultasi dengan dokter.

Itulah rangkuman informasi terkait makanan penyebab kulit gatal baik dari alergi maupun non alergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News