Santai

Kemnaker: SDM Unggul Perlu Disiapkan Hadapi Perkembangan AI

Kemnaker: SDM Unggul Perlu Disiapkan Hadapi Perkembangan AI

MOMSMONEY.ID - Teknologi Artificial Intelligence (AI) terus berkembang. Perkembangan AI yang pesat ini bisa memberi berbagai keuntungan bagi sektor lapangan pekerjaan, tetapi di sisi lain, teknologi AI juga memberikan tantangan tersendiri khususnya dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi SDM Indonesia yang unggul perlu disiapkan untuk cepat beradaptasi terhadap perkembangan AI tersebut.

“Penyiapan SDM Unggul diperlukan dalam menghadapi perkembangan teknologi AI," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6).

Adapun, dampak positif teknologi AI ini adalah membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan efektivitas, produktivitas, dan efisiensi operasional. Berbagai operasional perusahaan, seperti pengadaan, logistik, dan pergudangan, dapat dijalankan dengan lebih baik menggunakan teknologi AI.

Baca Juga: 5 Tanda Tanaman Kebanyakan Air, Ini Hal yang Harus Dilakukan

“Proses-proses yang bersifat rutin, sederhana, dan memiliki risiko rendah dapat ditingkatkan kualitasnya melalui penerapan teknologi ini,” kata Anwar.

Anwar meyakini, walaupun teknologi AI memiliki risiko dan mengancam beberapa jenis pekerjaan, perlu disadari bahwa teknologi ini juga membawa peluang besar bagi penciptaan jenis pekerjaan baru, peningkatan efisiensi, dan inovasi di berbagai sektor.

“Dengan perencanaan yang matang, pendidikan yang tepat, dan kemampuan beradaptasi yang baik, ancaman yang dihadirkan oleh teknologi AI dapat diatasi dan bahkan diubah menjadi peluang bagi perkembangan karier dan perekonomian,” kata Anwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News