M O M S M O N E Y I D
Bugar

Kebiasaan Minum Kopi Espresso 3-5 Cangkir Picu Kolesterol Naik

Kebiasaan Minum Kopi Espresso 3-5 Cangkir Picu Kolesterol Naik
Penulis: Pinky Annisa  |  Editor: Pinky Annisa


MOMSMONEY.ID - Minum kopi espresso tiga hingga lima cangkir setiap hari dikaitkan dengan kadar kolesterol total yang lebih tinggi, terutama pada pria. Sebab, kopi mengandung senyawa yang dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol total.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Open Heart, cara menyiapkan kopi juga mempengaruhi kadar kolesterol.

Lauren Manaker, dokter ahli gizi, menjelaskan, konsumsi kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol sebagian karena minuman ini mengandung zat kimia cafestol dan kahweol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL.

Mengutip dari Verywellhealth.com, kopi yang diseduh dengan french press atau plunger memiliki kandungan senyawa peningkat Kolesterol yang lebih tinggi dari kopi saring.

Mengonsumsi enam cangkir kopi seduh atau kopi yang diseduh dengan French press setiap hari dikaitkan dengan peningkatan Kolesterol total baik pada wanita maupun pria. 

Baca Juga: Protein Susu Rendah Lemak Mampu Membantu Ginjal Membuang Kelebihan Asam Urat

Cara minum kopi yang aman untuk pasien kolesterol tinggi

Kurangi konsumsi espresso hingga dua cangkir per hari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan senyawa yang berperan dalam peningkatan kolesterol bisa mencapai 30 kali lebih banyak ketika biji kopi tidak disaring dibandingkan dengan yang ditemukan dalam kopi yang disaring.

Kopi berkafein adalah stimulan dan dapat meningkatkan tekanan darah serta dapat menyebabkan jantung berdebar-debar seperti fibrilasi atrium bagi sebagian orang.

mengukur kadar kolesterol normal?

Kolesterol total seharusnya kurang dari 200 mg/dL, LDL kurang dari 100 mg/dL, dan HDL lebih dari 40 mg/dL. Untuk anak-anak, kolesterol total seharusnya kurang dari 170 mg/dL, LDL kurang dari 110 mg/dL, dan HDL lebih dari 45 mg/dL.

Memiliki kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan serangan jantung. 

Kopi seduh vs espresso mempengaruhi kadar kolesterol

Sebuah studi cross-sectional berbasis populasi pada bulan Maret 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Open Heart meneliti metode pembuatan espresso. Kopi dapat meningkatkan kolesterol karena adanya bahan kimia alami seperti diterpen, kafestol, dan kahweol, dan metode penyeduhan yang dapat mengubah kandungan senyawa tersebut. 

Kopi yang direbus dan diseduh mengandung kandungan cafestol dan kahweol yang lebih tinggi dibandingkan kopi yang disaring. Studi ini mengeksplorasi hubungan antara konsumsi espresso dan kolesterol total serum pada populasi orang dewasa dan lanjut usia di Norwegia Utara. 

Peneliti menemukan bahwa konsumsi espresso berhubungan signifikan dengan peningkatan kolesterol, terutama di kalangan pria dewasa. Metode penyeduhan lain seperti kopi rebus, kopi saring, dan kopi instan memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap Kolesterol.

Konsumsi kopi plunger menyebabkan peningkatan yang lebih besar dibandingkan kopi saring dan kopi instan. Konsumsi kopi espresso dikaitkan dengan peningkatan kolesterol serum,dengan dampak signifikan pada pria dibandingkan wanita.

Kopi rebus dikaitkan dengan peningkatan kolesterol pada kedua jenis kelamin, dan kopi yang disaring memiliki dampak yang lebih umum pada wanita.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Jalan Kaki & Berenang Mampu Tekan Risiko Serangan Asam Urat 

Tips sehat untuk mengontrol kadar kolesterol

Konsumsi kopi dalam jumlah sedang, sekitar satu hingga empat cangkir setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Hal ini disebabkan banyaknya fitokimia bermanfaat yang terdapat pada kopi.

Dalam hal menjaga kolesterol sehat, kuncinya adalah meningkatkan kadar kolesterol HDL, menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Berikut beberapa tips gaya hidup yang dapat dimasukkan ke dalam rutinitas harian:

  • Jangan
  • Tingkatkan aktivitas fisik
  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Tambahkan lemak sehat ke dalam piring seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat.
  • Kurangi karbohidrat makanan dan makanan manis.
  • Makan lebih banyak makanan padat nutrisi.
  • Pertahankan konsumsi alkohol dan kopi dalam jumlah sedang.

Kurangi atau hindari lemak trans yang biasa ditemukan pada makanan olahan dan kemasan. Inilah informasi mengenai minum kopi espresso dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Kelola Kadar Gula Darah Pascaoperasi Usus Buntu, Tekan Risiko Komplikasi Fatal

Risiko infeksi bekas sayatan usus buntu meningkat akibat gula darah tinggi. Pelajari langkah perawatan luka yang tepat di sini.

17 Promo Kuliner Kemerdekaan Agustus 2026, Banjir Diskon Pizza Hut hingga HokBen

Sambut HUT RI ke-81 dengan ragam promo kuliner menarik Agustus 2026. Nikmati diskon spesial dan paket makan hemat dari Pizza Hut hingga HokBen.

Promo Ancol Spesial Kemerdekaan 17 Agustus, Diskon Tiket Pakai Baju Merah Putih

Rayakan HUT RI ke-81 dengan berburu promo Ancol spesial tanggal 17 Agustus 2026. Dapatkan harga tiket super hemat mulai Rp 20.000-an saja.

Diet Rendah Purin & Asupan Air Putih Bantu Cegah Penumpukan Kristal Asam Urat

Kurang minum air putih saat berolahraga memperparah risiko penumpukan kristal sendi. Ketahui takaran hidrasi harian yang ideal.

AnTuTu HP Infinix GT 50 Pro Tembus 2 Juta: HydroFlow Beri Proteksi Termal 100%

Fitur pemulihan AI HP Infinix GT 50 Pro sanggup jaga kesehatan baterai 6.500 mAh. Cek spesifikasi bypass charging dan daya tahan 1.600 siklusnya.

Kebiasaan Minum Kopi Espresso 3-5 Cangkir Picu Kolesterol Naik

Kebiasaan minum espresso 3-5 cangkir pemicu kolesterol naik. Intip perbedaan efek cafestol dan kahweol pada pria dan wanita.

25 Ucapan Happy Independence Day Indonesia Bahasa Inggris untuk HUT RI 2026

Berikut ini terdapat ucapan Happy Independence Day Indonesia dalam bahasa Inggris untuk HUT RI ke-81.

25 Ide Kartu Ucapan HUT RI Ke-81 Tahun 2026, Kreatif dan Gratis Edit di Canva

Beragam referensi kartu Ucapan HUT RI ke-81 tahun 2026 gratis edit ini yang bisa Anda bagikan melalui sosial media Anda.

Kumpulan Link Twibbon HUT RI Ke-81 Tahun 2026, Desain Baru dan Gratis

Ada beragam link twibbon HUT RI ke-81 tahun gratis yang dapat dijadikan sebagai foto profil di media sosial.

Dirgahayu, Ini 25 Ucapan Selamat HUT RI Ke-81 Tahun 2026 Penuh Doa Baik

Ucapan selamat HUT Indonesia Ke-81 tahun 2026 berikut ini dapat Anda gunakan sebagai inspirasi dan bagikan melalui status atau caption.​