AturUang

Jual Aset Jadi Solusi Bayar Utang, Sebaiknya Aset yang Tak Berguna

Jual Aset Jadi Solusi Bayar Utang, Sebaiknya Aset yang Tak Berguna

MOMSMONEY.ID - Menjual aset yang dimiliki untuk membayar utang bisa jadi cara untuk membuat hidup lebih tenang. 

Kebanyakan orang yang terbelit utang memiliki keinginan untuk melunasinya. Akan tetapi, mereka kesulitan untuk menentukan caranya.

Maklumlah, hidup tidak bisa tenang jika dihadapkan dengan tagihan yang begitu besar atau banyak. Mau tak mau orang perlu mencari cara untuk keluar. 

Freddy Pieloor, perencana keuangan MoneynLove mengatakan jika ingin benar-benar menyelesaikan utang, maka, cara menjual aset untuk menutup utang, bisa menjadi langkah cepat dan tepat. Ini berlaku, terutama untuk aset-aset yang jarang atau sudah tak digunakan.

Baca Juga: Tujuh Hal yang Bisa Picu Keuangan Anda Sudah Mepet Jadi Makin Sulit

Misalnya, Anda terbelit utang dan kebetulan memiliki dua motor, maka satu motor bisa direlakan untuk menutupi utang-utang tersebut.

"Apapun sekarang yang dimiliki dan sifatnya tidak produktif jual saja. Itu dikorbankan untuk mempertanggungjawabkan utang-utang tersebut," ungkap Freddy.

Freddy menyarankan, agar orang tidak tampil atau hidup bergaya dengan aset-aset yang dimiliki, tetapi sebenarnya dihantui pikiran soal utang-utang.

Hal yang sama disampaikan oleh Widya Yuliarti, sebagai perencana keuangan. Ia menunjuk telepon seluler yang lazim dimiliki orang. Misal, ponsel sekarang yang dipakai, spesifikasi dan harganya lebih tinggi daripada kebutuhan yang sebenarnya. Itu bisa dijual dan diganti dengan ponsel yang lebih murah.

"Coba turunkan gaya hidup dengan menjual aset apa yang dimiliki," katanya. Langkah ini lebih baik dibanding harus menunda bayar utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News