Bugar

Jarang Diketahui, Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anda

Jarang Diketahui, Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Buah pir rupanya memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh. Yuk, cari tahu manfaat buah pir untuk kesehatan di sini!

Buah pir sering diabaikan dalam perbincangan tentang buah-buahan bergizi. Padahal sebenarnya buah pir merupakan sumber nutrisi yang kaya dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Dalam kesempatan kali ini, mari mengulik lebih dalam terkait kandungan nutrisi dan manfaat buah pir untuk kesehatan bersumber dari Very Well Health.

Kandungan nutrisi buah pir

Buah pir adalah sumber yang kaya akan serat, vitamin K, dan kalium. Secara rinci, satu buah pir sedang mengandung sekitar 101 kalori, 0,5 gram lemak, 27 gram karbohidrat, 5,5 gram serat, 17 gram gula, 0,6 gram protein, 1,8 miligram natrium, 206 miligram kalium, dan 7,8 mikrogram vitamin K.

Selain itu, varietas Pir Asia memiliki jumlah kalori yang lebih rendah namun lebih kaya akan vitamin C dan serat dibandingkan dengan jenis pir lainnya. Ini menunjukkan bahwa pir tidak hanya bergizi tetapi juga memiliki variasi nutrisi yang berbeda tergantung pada jenisnya.

Baca Juga: Konsumsi Rebusan Daun Sukun untuk Mengatasi Asam Urat, Ini Cara Membuatnya

Manfaat buah pir untuk kesehatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah pir memberikan berbagai manfaat kesehatan. Buah pir telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk kondisi anti-inflamasi, anti-hiperglikemik, dan sebagai diuretik. Berikut ini adalah manfaat buah pir untuk kesehatan lainnya:

1. Meningkatkan asupan serat

Buah pir ukuran sedang menyediakan 5,5 gram serat, yang merupakan sekitar 22% dari total asupan harian yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Serat yang terkandung dalam buah pir berperan penting dalam meningkatkan fungsi buang air besar dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

Serat juga membantu dalam memperbesar volume tinja dan memberikan perlindungan terhadap beberapa kondisi kesehatan serius, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

2. Mengobati penyakit diverkulitis

Untuk penderita divertikulitis, yaitu kondisi dimana terdapat kantong-kantong meradang di dinding usus besar, disarankan untuk meningkatkan asupan serat dalam diet mereka. Buah-buahan seperti pir, apel, dan pisang, yang kaya akan serat, direkomendasikan karena dapat memudahkan proses buang air besar dan membantu dalam pencegahan serta pengobatan divertikulosis.

Bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat dengan diet 2.000 kalori sehari, asupan serat yang disarankan adalah minimal 28 gram per hari. Beberapa studi juga menyarankan bahwa mengonsumsi setidaknya 30 gram serat setiap hari bisa berkontribusi dalam mencegah penyakit divertikular.

Baca Juga: Cara Cepat Kurus dan Langsing, Coba Olahraga Penurun Berat Badan Ini!

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Antioksidan yang terdapat dalam buah pir dan kulitnya diketahui dapat berkontribusi dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa jenis antioksidan di dalam pir efektif dalam mengurangi peradangan dan kekakuan jaringan jantung.

Buah pir juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar LDL. Selain itu, sebuah studi lain menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami sindrom metabolic yang mengonsumsi dua buah pir setiap hari selama tiga bulan, mengalami penurunan faktor risiko penyakit jantung.

4.Detoksifikasi dan melawan radikal bebas

Nutrisi yang terkandung dalam buah pir mendukung fungsi pencernaan yang sehat dengan memastikan bahwa tinja tetap lembut, memudahkan pergerakan usus, dan memfasilitasi proses detoksifikasi dengan membuang limbah dari sistem pencernaan.Kandungan air yang tinggi di dalam pir, bersama dengan serat dan fruktosa yang cukup, berkontribusi pada efek pencahar yang membantu sistem pencernaan.

Baca Juga: Tren Drink Your Retinol, Ini Buah dan Sayur Kaya Retinol yang Bikin Kulit Bersih

Selain itu, pir kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul berpotensi karsinogenik yang dihasilkan tubuh saat mengonversi makanan menjadi energi. Vitamin C, vitamin K, dan tembaga yang ada dalam buah pir membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah pir untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News