MOMSMONEY.ID - Mari simak tips dari KAI saat barang Anda termasuk tumbler tertinggal di kereta atau stasiun berikut ini.
Belakangan ramai di media sosial terkait unggahan seorang penumpang yang mengaku botol minum atau tumbler miliknya hilang di dalam KRL.
Unggahan itu pun turut menyeret pada kabar pemecatan seorang petugas keamanan.
Meski begitu, diketahui bahwa kabar pemecatan tersebut tidaklah benar. Pihak KAI juga akan melakukan evaluasi lebih lanjut dalam internalnya untuk melihat kondisi yang terjadi secara lebih jelas.
KAI sebenarnya memberikan imbauan kepada para penumpang agar selalu menjaga barang bawaannya. Terutama saat hendak turun dari kereta supaya memeriksa terlebih dahulu agar tidak ada barang yang tertinggal.
Meski begitu, setiap stasiun sudah menyediakan layanan lost and found untuk mencatat dan menyimpan barang temuan. Jika barang yang ditemukan tidak segera diambil dalam jangka waktu tertentu, maka barang akan dipindahkan ke gedung pusat.
Baca Juga: Hingga Oktober, 9,29 Juta Penumpang KA Gunakan Layanan Face Recognition Saat Boarding
Ketika ada barang yang tertinggal di kereta atau stasiun, tak jarang memang bisa menimbulkan kepanikan. Apalagi jika yang hilang adalah barang penting, seperti dompet, HP, hingga dokumen.
Nah, ada beberapa tips saat barang tertinggal di kereta atau stasiun yang bisa Anda lakukan agar peluang barang kembali lebih besar.
Tips saat barang tertinggal di kereta atau stasiun
Berikut beberapa tips saat barang tertinggal di kereta atau stasiun yang bisa Anda lakukan, yang dikutip dari Instagram @kai121_:
Baca Juga: KAI Catat 11.670 Barang Tertinggal Senilai Rp 12,8 Miliar pada Januari hingga Oktober
1. Tenang dan jangan panik
Tips pertama adalah usahakan tetap tenang dan jangan panik. Carilah tempat yang nyaman atau cari tempat duduk sambil mengingat kembali lokasi terakhir kali barang Anda terlihat.
Kondisi yang tenang akan lebih memudahkan Anda untuk bisa berpikir secara jernih.
2. Membuat laporan
Buatlah laporan pada petugas customer service di stasiun. Nantinya, petugas keamanan akan mengunjungi bagian lost and found untuk membantu Anda melakukan pengecekan.
3. Hubungan call center
Tips saat barang tertinggal di kereta atau stasiun adalah dengan menghubungi call center di 121 melalui telepon atau WhatsApp di nomor 0811-1211-1121 atau direct message (DM) Twitter/Facebook KAI121.
Baca Juga: Tak Hanya Fasilitas, KAI Ingatkan Sikap Penumpang Jadi Kunci Kenyamanan Naik Kereta
4. Jelaskan detail barang
Jika barang Anda tertinggal di atas kereta, jangan lupa untuk menjelaskan detail barang Anda. Baik ciri-ciri barang yang hilang maupun kode booking tiket. Dengan begitu, hal ini bisa membantu petugas saat melakukan pencarian.
5. Pantau terus telepon, e-mail atau DM
Jika Anda melakukan laporan melalui Call Center 121, nantinya rekan Railmin akan memberikan informasi tentang status barang tertinggal melalui telepon, email, atau direct message (DM) di Twitter/Facebook KAI121.
6. Tidak memberikan kode booking sembarangan
Tips terakhir adalah tidak memberikan informasi tentang kode booking atau detail barang Anda kepada pihak yang tidak berkepentingan. Tips ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Itulah beberapa tips saat barang tertinggal di kereta atau stasiun yang bisa Anda lakukan. Dengan tips ini bisa membantu Anda atau memberikan peluang lebih besar menemukan barang tersebut.
Selanjutnya: Grafik Harga Emas Antam, Hari Ini Naik atau Turun (28 November 2025)?
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News