Santai

Jangan Keburu Servis, Sebaiknya Coba 4 Cara Mengatasi Laptop Lemot Ini Dulu

Jangan Keburu Servis, Sebaiknya Coba 4 Cara Mengatasi Laptop Lemot Ini Dulu

MOMSMONEY.ID - Cek fungsi laptop lemot dengan menggunakan cara dan tips mengatasi berikut ini.

Pernahkah tiba-tiba laptop yang Anda gunakan untuk bekerja tiba-tiba lemot hingga tak bisa digunakan?

Kondisi tersebut pasti pernah Anda rasakan setidaknya sekali apalagi jika Anda selalu menggunakan laptop untuk bekerja.

Tak jarang, laptop atau komputer yang sering dipakai dapat membuat laptop berubah menjadi lebih lambat atau lemot.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi laptop yang lemot agar bisa segera digunakan kembali.

Baca Juga: Cara Melindungi Mata di Era Digital, Pekerja Wajib Pakai Aplikasi Ini

Update software

Sistem software yang lama dan usang juga bisa membuat laptop atau komputer menjadi lebih lambat atau lemot. Software lawas bisa memengaruhi kecepatan dari laptop atau komputer yang digunakan.

Cobalah untuk mengecek sistem software pada laptop atau komputer yang digunakan. Biasanya, laptop atau komputer akan menyediakan informasi mengenai pembaruan software dan juga sistemnya.

Instal ulang

Laman Life Wire menyarankan, untuk melakukan instal ulang sebagai cara akhir untuk mengatasi laptop yang lemot.

Proses install ulang akan menghapus semua data dan sistem yang ada pada laptop. Termasuk malware dan juga virus yang membuat laptop menjadi lemot. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk membuat laptop memiliki performa seperti barang baru.

Baca Juga: Anti Virus, Simpan File dan Dokumen Anda di 4 Aplikasi Ini Saja

Hapus file tidak penting

File-file yang ada pada laptop juga akan mempengaruhi kecepatan sistem dan performa laptop. Biasanya terlalu banyak file menumpuk pada laptop menjadi penyebab utama laptop menjadi lemot.

File yang sudah tidak digunakan ada baiknya dihapus agar tidak memakan memori pada sistem penyimpanan. Sehingga, tak membuat laptop menjadi semakin lemot karena kurangnya ruang penyimpanan pada memori laptop.

Tutup program tidak penting

Terlalu banyak program yang terbuka pada laptop dapat membuat kerja sistem laptop menjadi lebih lambat. Laman Bustle menjelaskan, ketika laptop menjadi lemot, cobalah untuk menutup seluruh aplikasi yang tidak terpakai.

Periksalah semua program atau aplikasi di laptop yang terbuka atau tidak terpakai. Tutuplah aplikasi atau program tersebut sehingga sistem laptop bisa menjadi lebih leluasa. Akhirnya, laptop atau komputer pun menjadi lebih cepat dan tidak lemot.

Jika sudah melakukan cara-cara tersebut namun laptop masih lemot, Anda bisa membawanya ke tukang service untuk diperiksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News