Keluarga

Jangan Disepelekan Moms! Ini 4 Kebiasaan yang Sebabkan Kolesterol Naik Drastis

Jangan Disepelekan Moms! Ini 4 Kebiasaan yang Sebabkan Kolesterol Naik Drastis

MOMSMONEY.ID - Apa saja kebiasaan yang menyebabkan kolesterol naik? Inilah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kolesterol naik drastis.

Ada banyak hal atau faktor yang bisa jadi dalang dari tingginya kadar kolesterol. Secara alami, penuaan juga bisa membuat risiko kolesterol tinggi meningkat.   

Namun, kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor gaya hidup atau kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari.    

Dilansir dar Health Focus, inilah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kolesterol naik drastis dan sering kita sepelekan, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh, Ini 5 Manfaat Terong buat Kesehatan

1. Kebiasaan merokok

merokok

Kebiasaan yang menyebabkan kolesterol naik derastis pertama adalah kebiasaan merokok. Aktif merokok dalam menyebabkan naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.   

Peningkatan kolesterol dilakukan dengan cara menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab menjaga kadar LDL agar tetap pada batas normal.    

2. Konsumsi makanan tidak sehat

Junk food

Kebiasaan yang menyebabkan kolesterol naik derastis kedua adalah konsumsi makanan tidak sehat. 

Makanan dengan kandungan tinggi lemak jenuh, lemak trans, atau gula dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dan penurunan kadar kolesterol baik. 

Agar kadar kolesterol selalu normal, sebaiknya jauhi makanan tersebut dan juga lakukan pola hidup sehat serta rutin berolahraga. 

3. Tidak aktif bergerak

Tekanan darah rendah

Kebiasaan yang menyebabkan kolesterol naik derastis ketiga adalah tidak aktif bergerak dan sering duduk tanpa ada aktivitas tubuh.  

Rebahan di atas sofa atau kasur yang empuk sambil memutar film kesukaan, bermain ponsel, atau membaca novel memang kegiatan yang sangat disukai.   

Namun, jika kebiasaan ini sering dilakukan, kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah.   

Baca Juga: Mulai Dari Sekarang! Ini 5 Cara Mudah Mencegah Diabetes Sejak Dini

4. Obesitas

Obesitas

Kebiasaan yang menyebabkan kolesterol naik derastis keempat adalah obesitas. Obesitas merupakan tanda jika banyak kadar kolesterol jahat yang terperangkap di dalamnya.   

Tak hanya kolesterol tinggi, kegemukan juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit jantung.   

Untuk mencegahnya, menjaga berat badan agar tetap ideal penting dilakukan, agar kadar kolesterol HDL dan LDL dalam tubuh tetap stabil.   

Itulah beberapa kebiasaan yang menyebabkan kolesterol naik drastis yang perlu Anda ketahui agar bisa menghindari dan mengantisipasi dengan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News