Keluarga

5 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan, Yuk Konsumsi!

5 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan, Yuk Konsumsi!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan di sini.

Tidak sedikit orang yang terserang flu, pilek, sakit tenggorokan, dan bahkan masalah usus saat musim hujan tiba. Salah satu penyebabnya yang paling umum yaitu sistem kekebalan atau imun tubuh yang lemah.

Untuk membantu meningkatkan dan memperkuat imun tubuh selama musim hujan, ada banyak cara yang bisa Anda coba, termasuk mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan sehat dinilai sebagai cara holistik paling efisien untuk meningkatkan imun tubuh.

Dari banyaknya makanan sehat yang ada, berikut 5 makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan sebagaimana dilansir dari Narayana Health.

Baca Juga: 5 Vitamin untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan Biar Tak Gampang Sakit

1. Bayam

Bayam

Makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang pertama yaitu bayam.

Sayuran berdaun hijau yang populer ini kaya akan nutrisi yang menakjubkan. Selain mudah didapatkan selama musim hujan, bayam juga cenderung mudah untuk diolah menjadi beragam makanan.

Bayam mengandung banyak magnesium, vitamin E, dan beta-karoten (antioksidan) yang bermanfaat untuk meningkatkan potensi melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh. Plus, melindungi tubuh dari racun berbahaya di musim hujan.

2. Brokoli

Brokoli

Makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang kedua yaitu brokoli.

Brokoli termasuk superfood karena mengandung banyak mineral seperti kalium, selenium, magnesium, dan kalsium. Brokoli juga kaya akan protein, serat, antioksidan, serta beragam vitamin seperti vitamin A, C, E, dan K.

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam brokoli dapat membantu melawan radikal bebas yang kerap menyebabkan kerusakan oksidatif pemicu berbagai penyakit kronis, peradangan, penyakit kardiovaskular, dan penuaan dini, tidak terkecuali di musim hujan.

3. Buah bit

Budidaya Buah Bit

Makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang ketiga yaitu buah bit.

Buah bit kaya akan zat besi, vitamin C, folat, potasium, dan serat. Semua nutrisi ini menjadikan buah bit sebagai komponen penting dalam upaya meningkatkan kekebalan tubuh di musim hujan.

Buah bit sendiri dikenal mampu menurunkan tingkat tekanan darah, mencegah anemia, mengurangi peradangan, dan melawan beberapa infeksi. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menambahkan buah bit ke dalam menu makanan Anda selama musim hujan ini guna meningkatkan dan memperkuat imun tubuh.

Baca Juga: 6 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi setelah Berhubungan Seks, Apa Saja?

4. Semangka

Semangka

Makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang keempat yaitu semangka.

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga cukup menyegarkan bahkan di musim hujan.

Dibandingkan buah dan sayuran lainnya, semangka mengandung antioksidan likopen yang lebih tinggi. Selain itu, buah berair ini juga mengandung vitamin A, B, dan C. Kombinasi dari likopen dan ketiga vitamin tersebut bisa membantu meningkatkan imun tubuh sekaligus melawan banyak penyakit kronis termasuk penyakit jantung serta menurunkan risiko kanker dan degenerasi makula terkait usia.

5. Yogurt rendah lemak

Yogurt tawar

Makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan yang kelima yaitu yogurt rendah lemak.

Selain menjadi sumber protein dan probiotik yang baik, yogurt juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan saat Anda sakit. Yogurt khususnya yogurt rendah lemak kaya akan probiotik yang mampu meningkatkan bakteri menguntungkan yang bermanfaat bagi kesehatan usus.

Yogurt juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang mendukung kekebalan tubuh seperti zinc, magnesium, selenium, vitamin D, dan riboflavin. Mineral zinc dalam yogurt dapat membantu mengurangi durasi penyakit. Oleh karena itu, tambahkanlah yogurt ke dalam menu makanan Anda selama musim hujan untuk mencegah pilek dan flu musiman.

Itulah 5 makanan terbaik untuk meningkatkan imun tubuh di musim hujan. Ingat, imun tubuh yang kuat sangat penting untuk melawan pilek, flu, sakit tenggorokan, demam, dan peradangan. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi kelima makanan di atas agar Anda tidak mudah sakit selama musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News