HOME, Keluarga

Jadi Ibu Baru, 9 Tips Ini Berguna untuk Anda dan Patut Dipraktikkan

Jadi Ibu Baru, 9 Tips Ini Berguna untuk Anda dan Patut Dipraktikkan

MOMSMONEY.ID - Moms, apakah Anda baru saja melahirkan bayi kecil nan menggemaskan? Jika benar, selamat ya karena Anda telah resmi menyandang gelar sebagai ibu.

Sebagai ibu baru, tentu Anda akan begitu antusias untuk melakukan tugas Anda dengan baik sampai-sampai tidak menyadari bahwa hari telah berlalu begitu cepat. Di sisi lain, pasti ada rasa lelah dan stres yang harus Anda hadapi setelah memiliki bayi.

Nah, untuk memudahkan proses mengasuh bayi sekaligus meminimalkan berbagai gangguan yang dapat melemahkan kondisi fisik dan mental Anda, inilah 9 tips yang patut Anda praktikkan sebagaimana dilansir dari Emma’s Diary. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Baca Juga: Gandeng Isyana Sarasvati sebagai Brand Ambassador, Ini Koleksi Skincare NPure Terbaru

1. Terima bantuan

Jika ada orang yang menawarkan diri untuk menggendong bayi Anda saat Anda mandi, menawarkan untuk membuatkan Anda secangkir teh, atau menawarkan untuk membuatkan Anda makan malam, maka jawablah dengan kata “Ya!”.

Saat seseorang di sekitar Anda berusaha untuk menawarkan bantuannya kepada Anda, itu artinya mereka benar-benar ingin membantu Anda. Jadi, hargailah apa yang mereka lakukan dan beban Anda sebagai ibu baru pun akan sedikit berkurang.

2. Terima saran dari orang lain

Sesekali, setiap orang yang Anda kenal terutama yang sudah berpengalaman menjadi orang tua tentu akan memberikan Anda nasihat dan pendapat tentang apa yang harus Anda lakukan terhadap bayi Anda.

Jika benar demikian, cobalah untuk mendengarkan baik-baik segala masukan yang mereka berikan kepada Anda. Setelah itu, pilih dan putuskanlah masukan mana yang menurut Anda masuk akal dan berguna. Jangan khawatir dan merasa bahwa Anda akan menyinggung perasaan orang-orang yang nasihat atau pendapatnya tidak Anda terapkan, karena mereka pasti akan memahaminya.

3. Jangan cemas saat Anda tidak bisa membereskan rumah tepat waktu

Setelah melahirkan, rumah Anda mungkin akan dibanjiri oleh para pengunjung yang ingin melihat kondisi Anda dan si kecil selama beberapa minggu. Dikarenakan tenaga Anda masih terbatas dan Anda masih sangat fokus pada bayi mungil Anda, jadi Anda tidak perlu buru-buru untuk membereskan rumah Anda.

Jangan pula berpikir bahwa para tamu akan menganggap Anda malas karena rumah yang agak berantakan. Pasalnya, rumah yang kurang tertata rapi setelah pemiliknya melahirkan merupakan hal yang wajar dan bisa dimaklumi. Tamu Anda pasti juga akan memahami bahwa sebagian besar energi Anda sedang difokuskan pada pemulihan diri pasca-melahirkan.

4.  Tidurlah selagi sempat

Di minggu-minggu pertama setelah melahirkan, pasti Anda akan merasa kesulitan untuk tidur. Jika sebelumnya Anda bisa tidur selama 8 jam sehari, tentu tidak akan mudah bagi Anda untuk melakukannya saat ada bayi yang harus Anda urus.

Kendati takkan berlangsung selamanya, namun Anda harus tetap menyempatkan diri untuk tidur selagi sempat. Tidurlah pada siang hari saat bayi Anda juga sedang tidur. Atau, batasilah waktu kunjungan dari orang-orang supaya Anda dapat beristirahat lebih lama.

5. Jangan cepat menyerah saat Anda tidak bisa menyusui dengan lancar

Jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda tidak bisa menyusui bayi Anda dengan lancar. Alih-alih menyerah, tetaplah berjuang dan mencari cara untuk melancarkan proses menyusui Anda.

Anda bisa melakukan berbagai metode tradisional seperti makan sayur katuk atau minum jamu pelancar ASI yang tentunya aman. Jika tak kunjung berhasil, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter yang bersangkutan guna mendapatkan solusi yang efektif untuk memudahkan proses menyusui.

6. Jangan abaikan baby blues

Saat Anda kerap berlinang air mata dan merasa tidak mampu mengurus bayi Anda dengan baik, itu tidak lantas mendefinisikan bahwa Anda adalah orang tua yang buruk. Pada dasarnya, perasaan sendu dalam proses pengasuhan bayi adalah sesuatu yang sangat normal.

Hal ini dikarenakan hormon Anda butuh melakukan banyak penyeimbangan kembali. Saat kondisi ini terjadi, sebaiknya berkonsultasilah dengan para profesional sedini mungkin atau berbagi cerita dengan orang-orang terdekat Anda alih-alih mengabaikannya.

7. Luangkan waktu untuk berduaan bersama pasangan

Memeluk, berpegangan tangan, atau sekadar mengobrol dengan pasangan mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan setelah Anda melahirkan. Tak jarang, para ayah merasa sedikit diabaikan saat bayi kecil telah hadir di tengah-tengah kalian.

Nah, supaya hubungan Anda dan pasangan tidak merenggang setelah melahirkan, cobalah untuk meluangkan waktu dan pergi berkencan bersama pasangan Anda. Tak hanya dapat memperkuat ikatan pernikahan, meluangkan waktu untuk berduaan bersama pasangan juga akan mengurangi stres yang sedang Anda alami.

8. Olahraga

Sesibuk apapun Anda ketika mengurus si kecil, pastikan selalu menyempatkan diri untuk berolahraga.

Tak harus olahraga berat, Anda tetap bisa aktif secara fisik dengan berjalan-jalan ringan di sekitar rumah. Selain membuat tubuh menjadi bugar, olahraga ringan juga akan memberikan Anda banyak energi yang dibutuhkan dan melepaskan endorfin yang berguna untuk mengatasi baby blues.

9. Sempatkan untuk me time

Bahkan jika hanya pergi ke toko sendirian untuk membeli popok, berkegiatan tanpa ditemani bayi Anda sejenak akan membuat Anda kembali segar terutama pikiran.

Jadi, jangan ragu atau takut untuk menghabiskan waktu sendiri selagi sempat ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News