Bugar

Inilah Tanda-Tanda Jerawat Akan Sembuh yang Harus Anda Tahu

Inilah Tanda-Tanda Jerawat Akan Sembuh yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda mengenal tanda-tanda jerawat akan sembuh.  Jerawat adalah masalah kulit yang cukup sering dialami banyak orang. Ada banyak sekali cara menghilangkan jerawat di wajah.

Mulai dari menggunakan produk skincare, pemakaian bahan-bahan alami dan melakukan pola hidup sehat. 

Agar usaha menghilangkan jerawat di wajah tidak sia-sia, simak tanda-tanda jerawat akan sembuh, dikutip dari jovee.id

1. Pustula yang mengeras

Tanda pertama jerawat akan sembuh adalah pustula yang mengeras, berisi nanah yang sangat terlihat. Pustula jerawat mengecil dan cenderung memerah, meradang dengan pusat berisi nanah berwarna putih.

Ketika pustula mengeras, itu tandanya bahwa perawatan yang kamu lakukan sudah tetap karena jerawat sudah mulai membaik.

Baca Juga: Bisa Dicoba Moms, Ini 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

2. Berkurangnya nodul jerawat

Tanda-tanda jerawat akan sembuh selanjutnya adalah berkurangnya nodul jerawat. Nodul adalah benjolan keras di bawah kulit.

Saat jerawat mulai timbul belum tentu ada bintiknya, tetapi kulit bisa jadi sangat lembut dan membuat kulit terasa menggumpal dan tidak rata.

Ketika nodul mulai berkurang, itu pertanda bahwa jerawat mulai sembuh di bawah kulit.

3. Berkurangnya kemerahan pada kulit di sekitar jerawat

Kemudian, berkurangnya kemerahan pada kulit di sekitar jerawat. Kulit yang bermasalah dengan jerawat bisa menjadi sangat merah saat adanya peradangan. Ini adalah respons yang wajar saat kulit meradang.

Ketika kulit mulai berubah warna menjadi normal seperti sediakala, itu tandanya peradangan mulai membaik.

Baca Juga: 4 Buah Ini Dilarang Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan, Ini lo Alasannya

4. Minyak pada kulit mulai berkurang

Tanda jerawat akan sembuh berikutnya adalah minyak pada kulit mulai berkurang. Penumpukan sebum dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori memungkinkan bakteri penyebab jerawat berkembangbiak dan bertumbuh makin agresif.

Seiring dengan perawatan, produksi minyak wajah pun mulai berkurang. Efeknya adalah kondisi kulit yang lebih sehat sehingga menciptakan lingkungan yang kurang mendukung untuk bakteri penyebab jerawat berkembangbiak.

Namun, waspadai perawatan jerawat menggunakan obat-obatan yang terlalu keras atau dengan dosis tinggi. Beberapa obat-obatan dengan dosis tinggi justru bisa sangat mengeringkan kulit yang justru dapat memicu reaksi pada kulit.

5. Berkurangnya komedo

Tanda-tanda jerawat akan sembuh lainnya adalah berkurangnya komedo. Baik itu whitehead atau blackhead, muncul sebelum jerawat yang sebenarnya timbul ke permukaan kulit.

Komedo disebabkan karena sejumlah kecil kotoran dan sel-sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori oleh sebum atau minyak. Apabila jumlah komedo mulai berkurang, itu adalah tanda-tanda jerawat mulai sembuh.

Itulah beberapa tanda-tanda jerawat akan sembuh yang harus Anda sadari. Yuk, semangat merawat kulit yang berjerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News