Bugar

Inilah Cara Aman dan Sehat Konsumsi Daging Kambing

Inilah Cara Aman dan Sehat Konsumsi Daging Kambing

MOMSMONEY.ID - Terdapat sejumlah cara aman dan sehat konsumsi daging kambing lo. Mari simak ulasannya di sini.

Idul Adha sering disebut sebagai Hari Raya Qurban merupakan momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu tradisi utama pada hari ini adalah penyembelihan hewan qurban, seperti kambing, yang dagingnya dibagikan kepada yang membutuhkan.

Meskipun sumber protein yang baik, penting untuk memperhatikan cara aman dan sehat konsumsi daging kambing. Menyadur dari laman Halodoc, berikut beberapa cara aman konsumsi daging kambing saat Idul Adha yang bisa Anda coba:

1. Memahami kandungan nutrisi

Meskipun daging kambing dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, penting untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih. Ini karena kandungan kolesterol dalam daging kambing itu sendiri.

Untuk 100 gram daging kambing matang, terdapat 75 mg kolesterol. Sementara itu, daging sapi sirloin memiliki 90 mg kolesterol.

Baca Juga: 12 Buah Paling Bergizi yang Bagus untuk Kesehatan Anda, Cek Ada Apa Saja!

2. Cara pengolahan yang sehat

Mengolah daging kambing dengan cara yang tepat sangat penting. Hindari menggoreng daging karena proses tersebut dapat meningkatkan kandungan lemak.

Alternatif yang lebih sehat adalah dengan memanggang, membuat sate, atau menyajikannya dalam sup. Pastikan untuk membuang lemak yang terlihat sebelum mengolah daging.

3. Tambahkan sayuran

Untuk mengimbangi konsumsi daging kambing dan menjaga kolesterol tetap terkontrol, sertakan sayuran dan buah dalam diet Anda.

Sayuran dan buah tidak hanya memperkaya asupan serat tetapi juga membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi penyerapan kolesterol dari daging.

Baca Juga: Inilah 15 Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

4. Porsi yang tepat

Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ukuran porsi yang tepat.

Dianjurkan untuk mengonsumsi daging kambing atau daging merah lainnya tidak lebih dari 1-2 porsi per minggu. Pastikan juga memilih daging yang segar dan bersih.

Nah, demikianlah ulasan terkait cara aman dan sehat konsumsi daging kambing saat Idul Adha yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News