Keluarga

Ini yang Perlu Anda Lakukan Segera setelah Digigit Anjing & Kucing

Ini yang Perlu Anda Lakukan Segera setelah Digigit Anjing & Kucing

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu langkah tepat apa yang perlu dilakukan segera setelah digigit anjing dan kucing.

Melansir Hello Sehat dan Alodokter, gigitan anjing dan kucing bisa menimbulkan luka terbuka pada kulit. Ini bisa menjadi pintu masuk bakteri berbahaya yang ada pada mulut kucing dan anjing. 

Apalagi, jika yang menggigit Anda adalah anjing dan kucing liar yang belum bisa dijamin kesehatannya.

Namun, meski anjing dan kucing Anda sendiri yang menggigit dan terjamin kesehatannya, tetap saja Anda perlu melakukan pertolongan pertama sebelum infeksi semakin parah. 

Jika tergigit anjing atau kucing dan tidak segera diobat, Anda berisiko terkena tetanus, rabies, infeksi bakteri Pasteurella multocida hingga osteomyelitis.

Baca Juga: Tips dan Cara biar Tidak Digigit Anjing, Lakukan Hal Ini

Maka, perlu langkah tepat yang dilakukan segsera setelah digigit anjing dan kuncing. Berikut hal yang perlu Anda lakukan segera setelah digigit anjing dan kucing:

Bersihkan segera luka Anda

Segera setelah tergigit anjing dan kucing, Anda harus membersihkan luka gigitan dengan air mengalir selama beberapa menit.

Bersihkan sembari menekan area sekitar luka gigitan secara perlahan untuk membantu bakteri keluar dan menghentikan pendarahan. 

Gunakan salep antibiotik

Gunakan perban steril untuk mengeringkan bekas gigitan. Jika tidak ada gunakan handuk bersih. Setelah itu, oleskan salep antibiotik seperti bacitracin atau gentamicin di area kulit yang terkena gigitan.

Baca Juga: 6 Tips Pernikahan Langgeng yang Wajib Pasutri Tahu biar Terhindar dari Perceraian

Tutup area yang terluka jika terjadi luka parah

Luka parah yang sangat terbuka membuat Anda lebih berisiko terindeksi bakteri. Sehingga, sebaiknya tetap lindungi luka dengan plester steril.

Namun jika luka tidak terlalu parah dan cenderung kecil tanpa menyebabkan gejala seperti lemas, pusing, demam dan menggigil bisa dibiarkan terbuka. 

Segera ke dokter

Jika Anda memiliki waktu segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan obat antibiotik sesuai resep. Jika hewan yang menggigit Anda belum disuntik rabies, maka Anda perlu melakukan suntik rabies atau tetanus untuk diri Anda sendiri. 

Moms perlu waspada jika luka gigitan menyebabkan demam, bengkak, berair, dan bernanah. Serta, jika luka menyebabkan pendarahan luar yang sulit dihentikan selama 15 menit serta menimbulkan nyeri yag kuat di sekittar lapisan kulit dalam atau tulang. 

Selanjutnya: OJK Telah Kenakan Sanksi Teguran kepada Fintech Adakami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News