Keluarga

Ini Prakiraan Cuaca Hujan di Indonesia Akhir Pekan Ini, 6-7 Januari 2024

Ini Prakiraan Cuaca Hujan di Indonesia Akhir Pekan Ini, 6-7 Januari 2024

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi prakiraan cuaca hujan dalam dua hari ke depan mulai merata di Indonesia. Namun, intensitasnya masih didominasi sedang. 

Lebih lanjut BMKG menjelaskan, hingga 10 Januari 2024, beberapa wilayah di Indonesia terutama bagian barat perlu waspada adanya cuaca ekstrem. Penyebabnya karena Monsun Dingin Asia membuat pertumbuhan awan hujan yang cukup intens. 

Selain itu, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) saat ini sudah memasuki wilayah Indonesia. Lalu, aktivitas gelombang Rossby Ekuator di wilayah Indonesia bagian barat terlihat hingga 5 hari ke depan. 

Baca Juga: Promo The Body Shop Terbaru Diskon hingga 80%, Berlaku sampai 7 Januari 2024

Meski belum seluruh daerah akan mengalami hujan deras, Moms perlu waspada adanya hujan disertai kilat, petir, dan atau angin kencang. Yuk, simak prakiraan cuaca hujan di bawah ini.

Prakiraan cuaca hujan Sabtu, 6 Januari 2024

Sumatera

Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Jambi, Riau, Sumatera Utara, Aceh dan Kepulauan Riau berpotensi hujan sedang. Sumatera Barat dan Riau berpotensi hujan lebat. 

Waspada hujan hingga lebat disertai kilat atau petir atau angin kencang di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan RIau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung.

Jawa

DI Yogyakarta, Jawa Barat berpotensi hujan sedang. Jawa Timur dan Jawa Tengah berpotensi hujan lebat. Hujan bisa disertai angin kencang, kilat atau petir termasuk di wilayah Jakarta. 

Bali, NTT dan NTB

Berpotensi hujan sedang. Khusus di NTT dan NTB hujan bisa disertai angin kencang, kilat atau petir. 

Kalimantan

Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat berpotensi hujan sedang. Namun hujan bisa mencapai intensitas lebat disertai angin kencang, kilat dan petir.

Sulawesi

Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang, kilat dan petir.

Maluku dan Papua

Maluku berpotensi hujan sedang dan Papua berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir.

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Gemar Membaca, Hindari Risiko Kecanduan Gadget!

Prakiraan cuaca hujan Minggu, 7 Januari 2024

Sumatera

Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau berpotensi hujan sedang. Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh berpotensi hujan lebat.

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang, petir atau kilat. 

Jawa

Jawa Timur dan  Banten berpotensi hujan sedang disertai kilat petir atau angin kencang. DI Yogyakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah berpotensi hujan lebat.

Bali, NTT dan NTB

Berpotensi hujan sedang disertai angin kencang, kilat atau petir terutama di Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Kalimantan

Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang disertai kilat, petir dan angin kencang.

Sulawesi

Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah berpotensi hujan sedang.

Maluku dan Papua

Maluku Utara dan Papua Barat berpotensi hujan sedang. Papua berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir.

Demikian prakiraan cuaca hujan Sabtu, 6 Januari 2024 dan Minggu, 7 Januari 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya: 200 Peluru Artileri Ditembakkan Korea Utara untuk Lawan Militer Korea Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News