MOMSMONEY.ID - Persaingan e-commerce di Indonesia tak lagi hanya soal transaksi dan diskon. Berdasarkan riset Ipsos Indonesia bertajuk E-Commerce Seller Satisfaction 2025, dukungan terhadap UMKM dan brand lokal kini menjadi pembeda utama antar platform besar seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada.
“Yang menarik adalah bagaimana tiap platform mulai berlomba bukan sekadar berebut transaksi, tapi juga menunjukkan perannya dalam mendukung UMKM dan brand lokal untuk tumbuh,” ujar Andi Sukma, Executive Director Ipsos Indonesia dalam keterangan resmi Kamis (17/7).
Riset dilakukan terhadap 350 pelaku UMKM dan brand lokal dari seluruh Indonesia. Hasilnya, Shopee menjadi platform yang paling diingat (66% Top of Mind) dan paling sering digunakan (70% Brand Used Most Often) oleh para penjual.
Baca Juga: Dukung UMKM, Kementerian UMKM Gandeng Lazada Gelar Pelatihan di Medan
Namun, bukan sekadar popularitas yang jadi sorotan. Tingkat loyalitas juga diukur lewat Net Promoter Score (NPS). Sebanyak 77% pelaku usaha menyatakan akan merekomendasikan Shopee, diikuti TikTok Shop (69%), Tokopedia dan Lazada (masing-masing 67%).
Tiga alasan utama pelaku usaha memilih platform e-commerce adalah memperluas jangkauan usaha (71%), fleksibilitas operasional (66%), dan kemudahan akses (59%). Sebanyak 67% responden menyebut Shopee paling aktif memberikan subsidi ongkir. Di sisi lain, TikTok Shop menonjol dalam fitur video, sedangkan Tokopedia unggul di promosi lokal, meski masih tertinggal dalam konsistensi program.
Shopee dinilai paling konsisten menghadirkan laman produk lokal (56%) serta program edukasi dan pendampingan UMKM seperti Kampus UMKM dan Bimbel Shopee (57%). Sementara itu, TikTok Shop mendapat skor 19% untuk program edukasi, Tokopedia 18%, dan Lazada 6%.
Dalam fitur interaktif seperti live streaming dan video pendek, Shopee dapat 54% dukungan responden.
Baca Juga: IKEA Indonesia Teken Nota Kesepahaman Bersama Kemendag untuk Dukung UMKM di Indonesia
Sebanyak 62% responden menyebut program ekspor Shopee berdampak langsung terhadap pertumbuhan bisnis mereka, jauh di atas Tokopedia (16%), TikTok Shop (15%), dan Lazada (6%).
“Yang memenangkan hati pelaku usaha adalah mereka yang adaptif, membimbing, dan menjadi solusi saat tantangan datang,” kata Andi.
Selanjutnya: IHSG Bergerak Bullish, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini dari Mirae Sekuritas
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News