M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Ini Perbedaan Cashback dan Loyalty Points guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ini Perbedaan Cashback dan Loyalty Points guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - OttoDigital membeberkan perbedaan dari cashback dan loyalty points yang menjadi strategi yang populer dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, menjaga loyalitas pelanggan adalah salah satu kunci sukses yang harus perusahaan perhatikan.

Berbagai strategi pun diterapkan perusahaan untuk menarik minat konsumen dan mendorong mereka agar terus kembali menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Dua strategi yang populer dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah program cashback dan loyalty points. Kedua pendekatan ini memiliki keunikan masing-masing dan mampu menawarkan manfaat berbeda bagi konsumen.

Lalu, mana yang lebih efektif dalam jangka panjang cashback atau loyalty points?

Program cashback dan loyalty points adalah dua strategi yang umum digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan retensi pelanggan.

Cashback memberikan pengembalian dana instan setelah pembelian, sementara loyalty points mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah di masa depan. Pilihan antara keduanya tergantung pada tujuan dan karakteristik konsumen yang ingin dijangkau.

Baca Juga: Otto Digital dan Primacom Optimalkan Ekosistem Digital di Lingkungan Pesantren

Cashback dan loyalty points sama-sama memberikan keuntungan bagi konsumen, tetapi pilihan terbaik tergantung pada kebiasaan belanja dan tujuan perusahaan.

Cashback memberikan manfaat instan yang cocok bagi konsumen yang menginginkan hasil cepat, namun dampaknya dalam membangun loyalitas jangka panjang terbatas, karena retention atau retensi pelanggan tidak optimal, konsumen cenderung berpindah jika ada cashback lebih besar dari pesaing.

Di sisi lain, loyalty points menawarkan insentif yang memperkuat keterikatan jangka panjang tanpa biaya besar secara terus-menerus, ideal bagi perusahaan yang ingin membangun hubungan berkelanjutan.

Chief of Product Growth and Marketing OttoDigital Grace Sunarjo menyoroti pentingnya program loyalty points dalam membangun keterikatan yang mendalam dengan pelanggan.

Program seperti loyalty points, kata Grace, menawarkan lebih dari sekadar insentif jangka pendek, tapi juga memungkinkan pelanggan untuk terus terlibat dan termotivasi karena merasa menjadi bagian dari brand.

Loyalty points juga membantu brand memberikan benefit kepada pelanggan secara tepat sasaran, dengan melihat perilaku/kebiasaan pelanggan.

"Dengan begitu, setiap interaksi menimbulkan kedekatan dan menciptakan hubungan berkelanjutan untuk menciptakan loyalitas jangka panjang," jelas Grace dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Gandeng Edufund, OttoDigital Buka Akses Pembiayaan Untuk Mahasiswa

Nah, di OttoDigital terdapat OttoPoint yang dapat digunakan oleh berbagai industri yang ingin membangun loyalitas pelanggan.

Otomotif, perbankan, e-commerce, dan sektor F&B adalah beberapa industri yang bisa mendapatkan manfaat besar dari program loyalty points ini, mengingat kecenderungan konsumen yang lebih suka mendapatkan reward dalam bentuk poin untuk transaksi yang berulang.

Di bidang perbankan, program ini memungkinkan integrasi dengan layanan pembayaran digital, sementara untuk sektor F&B dan ritel, program poin dapat mendorong pelanggan untuk kembali dan menukarkan poin mereka dengan penawaran menarik.

Sebagai informasi saja, OttoPoint dari OttoDigital menawarkan solusi program loyalitas pelanggan yang terintegrasi, termasuk program loyalitas berbasis koalisi, serta manajemen reward dan voucher digital melalui OttoGift.

Dengan lebih dari 150 mitra dalam katalog hadiah, OttoPoint membantu bisnis untuk meningkatkan retensi pelanggan dan mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia dengan memberikan insight konsumen yang lebih baik.

Selain itu, OttoDigital juga menawarkan solusi kasbon, teknologi rantai pasok digital (supply chain enabler), dan sistem pembayaran digital yang terintegrasi bagi perusahaan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

AZKO Gelar Promo Diskon 10% untuk Semua Lampu LED, Hingga 7 Desember

AZKO menghadirkan promo diskon 10 persen untuk seluruh produk lampu pada 2–7 Desember 2025 di semua toko AZKO di Indonesia.  

4 Zodiak yang Diprediksi Kaya Raya di Tahun 2026, Siap-Siap Finansial Meningkat!

Ada 4 zodiak yang diprediksi kaya raya di tahun 2026. Cari tahu di sini, berikut MomsMoney bagikan daftarnya.  

7 Ide Jasa Unik 2025 yang Sangat Menjanjikan untuk Kamu Coba Sekarang!

Berikut ide jasa unik yang bisa jadi peluang bisnis menguntungkan di 2025 yang cocok untuk yang mau mulai usaha modal minim dan fleksibel.  

12 Ide Kitchen Island Modern yang Lagi Trend dan Bikin Dapur Lebih Rapi dan Nyaman

Berikut inspirasi kitchen island modern yang bikin dapur makin cantik dan super fungsional. Cocok untuk rumah Indonesia dan tren interior terbaru.  

16 Inspirasi Dekorasi Pita Pohon Natal di 2025 untuk Tampilan Hunian yang Memukau

Inspirasi dekorasi pita pohon Natal modern yang elegan dan mudah diterapkan agar pohon tampil memukau dan jadi pusat perhatian musim ini.

Mau Tidur Nyenyak? Ini 10 Barang yang Wajib Dikeluarkan dari Kamar Tidur Kamu

Berikut cara bikin kamar tidur lebih nyaman dan bebas sumpek. Ini saran desainer tentang barang yang harus disingkirkan agar tidur makin nyenyak.

Pengusaha Zaman Now Harus 5 Karakter Ini Supaya Bisnis Berkembang Pesat

Berikut karakter penting yang wajib dimiliki pengusaha supaya bisnis tidak mudah goyah dan tetap berkembang di tengah persaingan yang makin ketat.  

5 Kesalahan Fatal saat Ambil Rumah KPR yang Bikin Finansial Kacau dan Harus Dihindari

Simak kesalahan umum ambil rumah KPR yang bikin keuangan kamu jebol, mulai pengajuan kredit rumah wajib diperhitungkan secara matang.

Prediksi Borussia Dortmund vs Bayer Leverkusen DFB Pokal (3/12): Laga Panas Penentuan

Prediksi Dortmund vs Leverkusen DFB Pokal di Signal Iduna Park, Rabu 3 Des 2025 pukul 03.00 WIB. Cek analisis, skor, dan susunan pemain.​&l

Catat, Ini Pameran yang Diselenggarakan 2026 dari Kuliner Hingga Printing

​Krista Exhibitions menyiapkan banyak pameran tematik untuk mendukung pertumbuhan industri di 2026 di berbagai sektor