M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Ini Perbedaan Cashback dan Loyalty Points guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ini Perbedaan Cashback dan Loyalty Points guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - OttoDigital membeberkan perbedaan dari cashback dan loyalty points yang menjadi strategi yang populer dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, menjaga loyalitas pelanggan adalah salah satu kunci sukses yang harus perusahaan perhatikan.

Berbagai strategi pun diterapkan perusahaan untuk menarik minat konsumen dan mendorong mereka agar terus kembali menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Dua strategi yang populer dalam meningkatkan loyalitas pelanggan adalah program cashback dan loyalty points. Kedua pendekatan ini memiliki keunikan masing-masing dan mampu menawarkan manfaat berbeda bagi konsumen.

Lalu, mana yang lebih efektif dalam jangka panjang cashback atau loyalty points?

Program cashback dan loyalty points adalah dua strategi yang umum digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan retensi pelanggan.

Cashback memberikan pengembalian dana instan setelah pembelian, sementara loyalty points mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah di masa depan. Pilihan antara keduanya tergantung pada tujuan dan karakteristik konsumen yang ingin dijangkau.

Baca Juga: Otto Digital dan Primacom Optimalkan Ekosistem Digital di Lingkungan Pesantren

Cashback dan loyalty points sama-sama memberikan keuntungan bagi konsumen, tetapi pilihan terbaik tergantung pada kebiasaan belanja dan tujuan perusahaan.

Cashback memberikan manfaat instan yang cocok bagi konsumen yang menginginkan hasil cepat, namun dampaknya dalam membangun loyalitas jangka panjang terbatas, karena retention atau retensi pelanggan tidak optimal, konsumen cenderung berpindah jika ada cashback lebih besar dari pesaing.

Di sisi lain, loyalty points menawarkan insentif yang memperkuat keterikatan jangka panjang tanpa biaya besar secara terus-menerus, ideal bagi perusahaan yang ingin membangun hubungan berkelanjutan.

Chief of Product Growth and Marketing OttoDigital Grace Sunarjo menyoroti pentingnya program loyalty points dalam membangun keterikatan yang mendalam dengan pelanggan.

Program seperti loyalty points, kata Grace, menawarkan lebih dari sekadar insentif jangka pendek, tapi juga memungkinkan pelanggan untuk terus terlibat dan termotivasi karena merasa menjadi bagian dari brand.

Loyalty points juga membantu brand memberikan benefit kepada pelanggan secara tepat sasaran, dengan melihat perilaku/kebiasaan pelanggan.

"Dengan begitu, setiap interaksi menimbulkan kedekatan dan menciptakan hubungan berkelanjutan untuk menciptakan loyalitas jangka panjang," jelas Grace dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Gandeng Edufund, OttoDigital Buka Akses Pembiayaan Untuk Mahasiswa

Nah, di OttoDigital terdapat OttoPoint yang dapat digunakan oleh berbagai industri yang ingin membangun loyalitas pelanggan.

Otomotif, perbankan, e-commerce, dan sektor F&B adalah beberapa industri yang bisa mendapatkan manfaat besar dari program loyalty points ini, mengingat kecenderungan konsumen yang lebih suka mendapatkan reward dalam bentuk poin untuk transaksi yang berulang.

Di bidang perbankan, program ini memungkinkan integrasi dengan layanan pembayaran digital, sementara untuk sektor F&B dan ritel, program poin dapat mendorong pelanggan untuk kembali dan menukarkan poin mereka dengan penawaran menarik.

Sebagai informasi saja, OttoPoint dari OttoDigital menawarkan solusi program loyalitas pelanggan yang terintegrasi, termasuk program loyalitas berbasis koalisi, serta manajemen reward dan voucher digital melalui OttoGift.

Dengan lebih dari 150 mitra dalam katalog hadiah, OttoPoint membantu bisnis untuk meningkatkan retensi pelanggan dan mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia dengan memberikan insight konsumen yang lebih baik.

Selain itu, OttoDigital juga menawarkan solusi kasbon, teknologi rantai pasok digital (supply chain enabler), dan sistem pembayaran digital yang terintegrasi bagi perusahaan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Promo Alfamart Kebutuhan Dapur 16-31 Desember 2025, Beli 1 Gratis 1 Kaldu Sedaap

Manfaatkan promo Alfamart Kebutuhan Dapur periode 16-31 Desember 2025 untuk belanja kebutuhan dapur lebih hemat.

Senin Depan, Kesempatan Terakhir Beli Saham BBRI Jika Mengincar Dividen Rp 137

Mereka yang berhak atas dividen akan menerima pembayaran dividen interim pada 15 Januari 2026.      

Promo Alfamidi Ngartis Periode 16-31 Desember 2025, CDR-Redoxon Beli 1 Gratis 1

Cek promo Alfamidi Ngartis periode 16-31 Desember 2025 untuk Beli 1 Gratis 1 dan Beli 2 Gratis 1.   

Bank Mandiri (BMRI) Bagikan Dividen Interim, Cek Timeline Pembagiannya!

Potensi dividen yield atau tingkat pengembalian dari modal yang diinvestasikan pada saham BMRI saat ini hampir 2%.

Promo Es Krim Alfamart 16-31 Desember 2025, Campina Korean Series Beli 2 Gratis 1

Cek promo es krim Alfamart Carnaval Ice Cream periode 16-31 Desember 2025 untuk belanja es krim.    

Rekomendasi 6 Drakor Tentang Nikah Kontrak Lucu dan Manis

Jika suka cerita drakor tentang pernikahan kontrak, coba tonton beberapa rekomendasinya berikut ini.

Promo Chatime Joyful Holiyay sampai 31 Desember, Beli 2 Chatime 1 Liter Gratis Tas

Chatime hadirkan promo Joyful Holiday hingga 31 Desember. Ada paket 2 Chatime ukuran 1 liter harga spesial plus gratis tas.

Promo Go!Go!Curry Khusus Kelahiran 2000-an, Nikmati Buy 1 Get 1 sampai 24 Desember

Go!Go!Curry hadirkan promo spesial khusus anak kelahiran 2000-an. Ada penawaran Buy 1 Get 1 selama periode 22-24 Desember 2025.

Daftar HP Tahan Banting dari Infinix dengan Prosesor yang Tangguh, Cek Selengkapnya

Mencari HP tahan banting dari Infinix ada banyak nama ponsel yang mampu menghadapi benturan, cipratan, dan kondisi ekstrem yang tak terduga.

Tecno Pova 7 Bawa Fitur Menarik, Ini 9 Alasan Harus Membelinya Sebelum 2025 Berakhir

Alasan untuk membeli Tecno Pova 7 yang diluncurkan pada pertengahan 2025 karena menawarkan value yang luar biasa.