Keluarga

Ini Penyebab Lantai Bau Amis Setelah Dipel

Ini Penyebab Lantai Bau Amis Setelah Dipel

MOMSMONEY.ID - Pernah kah Anda masuk ke ruangan dan mencium bau amis setelah ruangan dipel? Apa penyebab lantai bau amis?

Melansir Poppies Cleaning Service, penyebab lantai berbau amis adalah alat pel Anda. Sebagai alat untuk membersihkan lantai, alat pel bisa menyimpan kotoran dan menyebabkannya bau. 

Baca Juga: 3 Rekomendasi Toner Retinol Terbaik untuk Kulit Glowing dan Awet Muda, Mau Coba?

Salah satu alasan utama alat pel bau dan menyebabkan lantai bau amis adalah bakteri yang terakumulasi pada bagian kepala lantai setelah digunakan. 

Sebagaimana alat pel digunakan untuk membersihkan lantai. alat ini mengumpulkan debu, minyak dan bekteri. Sehingga jika tidak dibersihkan dengan benar atau hanya Anda diamkan di area yang lembab setelah diginakan, bakteri akan semakin banyak dan menyebabkan bau amis. 

Sebagai tambahan, saat Anda menyimpan alat pel di tempat yang gelap dan lembab maka jamur dan lumut juga akan tumbuh dan menyebabkan bau amis. Selain itu, seiring berjalannya waktu alat pel akan rapuh sehingga sulit dibersihkan dan menimbulkan bau amis pada lantai. 

Baca Juga: JA SparktheDream Social Challenge 2024 Sudah Final, Ini Jawaranya

Cara mencegah lantai bau amis setelah dipel adalah sebagai berikut!

Bilas dengan benar

Bilas alat pel Anda menggunakan air panas setiap kali selesai digunakan untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran. Lakukan ini untuk mencegah bakteri dan kotoran penyebab bau amis.

Gantung alat pel supaya kering

Setelah membilas alat pel, peras sekeras mungkin untuk mengeluarkan sisa air sebanyak mungkin. Jiak sudah pastikan Anda menggantung alat pel di ruang yang sirkulasi udaranya bagus supaya cepat kering. 

Jangan simpan alat pel di tempat yang tertutup dan lembap. Jika Anda tidak memiliki gantungan khusus alat pel ini, Anda bisa meletakannya dengan cara terbalik.

Baca Juga: 7 Tips Mengolah Jeroan Sapi hingga Bersih Agar Tak Tercium Bau Amis

Gunakan cuka atau baking soda

Cara mencegah lantai bau amis setelah dipel adalah menggunakan cuka atau baking soda pada alat pel. Cuka adalah deodorant alami yang bisa menghilangkan bau amis dari alat pel. 

Tambahkan satu cup cuka putih pada satu ember air panas. Gunakan cairan ini untuk membersihkan kepala pel Anda. Anda juga bisa menaburkan baking soda pada alat pel sebelum membilasnya dengan air atau mencampurkannya dengan air panas. 

Rendam alat pel

Apabila alat pel Anda memiliki bau yang sangat menyengat, rendam kain pel dengan larutan pembersih. Gunakan air panas sebagai campuran larutan dan rendam selama 30 menit. Jika sudah segera bilas dan gantung hingga kering. 

Membeli kain pel baru

Apabila Anda sudah melakukan cara di atas dan ternyata lantai tetap bau amis, sebaiknya segera ganti dengan kain pel yang baru. 

 

Itu tadi alasan kenapa lantai masih bau amis setelah dipel serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!

Selanjutnya: Begini Cara Membersihkan Toilet yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News