Keluarga

Ini Lo Perbedaan AC Low Watt dan AC Inverter

Ini Lo Perbedaan AC Low Watt dan AC Inverter

MOMSMONEY.ID - Saat mencari Air Conditioner (AC) yang hemat daya, Anda akan ditawarkan dua pilihan yaitu AC Low Watt dan AC Inverter. Apa perbedaannya? 

Melansir Aqua Elektronik, AC Low Watt pada dasarnya sama seperti AC Standard atau AC pada umumnya. Hanya saja jenis kompresor yang digunakan menggunakan tipe yang konsumsi listriknya lebih rendah.

Baca Juga: 3 Jenis Makhluk Di Serial Joko Anwar's Nightmares and Daydream, Simak Penjelasannya

Jadi, kompresor AC Low Watt menggunakan sistem kerja on/off. Kompresor atau unit outdoor akan berhenti bekerja saat sudah mencapai suhu yang diinginkan. Kemudian akan menyala kembali saat suhu ruangan kembali memanas. 

Namun karena daya yang digunakan lebih sedikit, maka AC Low Watt bekerja lebih lambat dibandingkan tipe umum atau inverter untuk menghasilkan suhu dingin. 

Lebih lanjut, AC Inverter bekerja dengan prinsip yang berbeda. Kompresor AC Inverter bekerja dengan kecepatan variabel. Jadi kompresor AC Inverter tidak akan mati saat suhu udara sudah dingin dan sebaliknya. 

Baca Juga: Choi Jin Hyuk Comeback di Drakor Miss Night and Day, Ini 6 Drama Korea Lainnya

Ini membuat kerja pendinginan ruang lebih optimal dan stabil. Sistem kompresor yang tidak on/off ini juga bisa lebih hemat listrik dalam jangka waktu yang lebih panjang. Hal ini karena konsumsi listrik akan membengkak saat kompresor mati kemudian harus menyala lagi seperti pada AC konvensional. 
 
Dari segi harga, biasanya AC Low Watt lebih murah dibandingkan AC Inverter. Namun dengan harga yang lebih mahal, Anda bisa mendapatkan teknologi pintar dengan berbagai sensor yang memudahkan Anda memanfaatkan AC Inverter secara maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News