Keluarga

Ini lo Makna Penting Festival Lampu Diwali dari India

Ini lo Makna Penting Festival Lampu Diwali dari India

MOMSMONEY.ID - Yuk, memahami arti penting dan sebenarnya perayaan Diwali yang penuh dengan cahaya, tradisi, dan makanan lezat India.

Melansir Love to Know, Diwali adalah festival cahaya. Adapun lebih dari 2000 tahun yang lalu, Diwali adalah hari libur terbesar bagi pemeluk agama Hindu. 

Saat ini, Diwali telah berkembang luas bahkan di luar India. Adapun Diwali berasal dari bahasa Sansekerta Dipavali. Dip berarti cahaya dan avali berarti barisan. Sehingg, Diwali diartikan sebagai barisan cahaya.

Baca Juga: Segudang Manfaat Belimbing Wuluh, Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol

Diwali melambangkan kemenangan ilmu pengetahuian atas ketidaktahuan, kebaikan atas kejahatan, dan terang atas gelap. Saat ini Diwali adalah hari libur besar di India sehingga umat non-hindu ikut serta dalam perayaan tersebut. 

Nah menariknya setiap wilayah di India memiliki maknanya sendiri soal Diwali. Misalkan di India Utara, umat Hindu percaya bahwa Rama yang merupakan reinkarnasi dari Dewa Wisnu, menyelamatkan Sita yang diculik Rahwana.

Orang-orang kemudian menyambuty Rama dan Sita dengan menerangi jalanan untuk mengantar mereka pulang. 

Sementara di India bagian selatan, umat Hindu percaya Krishna reinkarnasi lain dari Dewa Wisnu membebaskan sekelompok perempuan dari raja jahat. 

Sedangkan di India bagia barat seperti Gujarat, tahun baru mereka dirayakan bersamaan dengan Diwali. Oleh karena itu, mereka kebanyakan mengasosiasikan hari raya dengan Dewi Lakshmi yang merupakan dewi kemakmuran. 

Di India bagian timur, umat Hindu memperingati Diwali dengan Dewi Kali yang melambangkan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Nah dalam perayaan Diwali, dikenal dengan 5 hari perayaan. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Dhanteras

Hari pertama adalah Dhanteras yang diisi dengan kegiatan membersihkan rumah dan mendekorasi rumah dengan desain rangoli yang terbuat dri bunga dan pasir serta beras yang diberi warna. 

Naraka Chaturdashu

Umat Hindu akan memperingati Dewa Krishna yang berhasil menghancurkan iblis Narakasura dan membebaskan 16.000 perempuan. Umat Hindu akan berdoa bagi leluhurnya, mengunjungi saudara dan temannya dan bertukar hadiah. 

Lakshmi Puja

Ini adalah hari libur resmi di India. Umat Hindu akan menyalakan lilin dan lampu di rumah. Mereka akan menggunakan baju baru untuk melaksanakan ritual penghormatan pada Dewi Lakshmi. Ini juga menjadi hari di mana para orang muda mengunjungi kakek-nenek mereka. 

Govardhan Puja atau dikenal dengan Padwa atau dikenal sebagai Tahun Baru India. 

Ini menjadi hari di maana suami akan memberikan hadiah untuk istrinya atau keluarga mengundang pasangan yang baru meikah dan memberikan hadiah pada mereka. 

Bhai Duj yang artinya hari saudara. 

Saudara laki-laki akan mengunjungi saudara perempuan dan keluaga mereka. Sementara saudara perempuan akan melakukan ritual menyuapi saudara laki-laki dengan tangan dan menerima hadiah dari saudara laki-laki sebagai imbalannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News