Keluarga

Ini Lo Benda-benda yang Mudah Rusak Jika Dikeringkan dengan Mesin

Ini Lo Benda-benda yang Mudah Rusak Jika Dikeringkan dengan Mesin

MOMSMONEY.ID -Apa saja benda-benda yang mudah rusak jika dikeringkan dengan mesin pengering? 

Adanya mesin pengering memang membuat hidup kita jadi lebih mudah. Anda tinggal memindahkan baju dari tabung mesin cuci ke mesin pengering. 

Tutup tabung pengering kemudian pencet tombol. Setelahnya, Anda bisa bersantai sejenak hingga mesin selesai mengerjakan tugasnya.

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum dalam Jangka Waktu Lama

Meskipun sangat membantu, ada beberapa benda yang tidak boleh dikeringkan dengan mesin pengering lo! Melansir House Digest, jika Anda memasukan jenis kain ini ke mesin pengering bisa jadi baju Anda rusak. 

Yuk simak ada apa saja benda yang tidak boleh dikeringkan dengan mesin pengering!

Baju olahraga
Mungkin Anda akan kaget jika mengetahui bahwa baju olahraga Anda membutuhkan perawatan khusus. Mulai dari mencuci hingga mengeringkan. 

Mungkin Anda pikir karena baju olahraga didesain khusus untuk kondisi panas dan berkeringat, maka mencuci dengan mesin dan mengeringkannya di mesin cukup aman. Padahal baju olahraga tidak boleh mengeringkannya di mesin pengering. 

Baju olahraga biasanya terbuat dari serat sintetis. Jenis ini termasuk bahan yang elastis. Nah mesin pengeirng bisa membuat bahan baju olahraga Anda jadi melar dan tidak efektif menyerap kelembapan saat Anda gunakan.

Anda masih boleh mencucinya di mesin cuci. Namun jangan gunakan pelembut pakaian. Selain itu cuci dengan baju lain yang memiliki bahan sejenis. 

Bahan renda
Jika Anda memiliki pakaian berenda, tentu Anda tahu bahan ini sangat halus dan mudah rusak. Menampilkan jaring-jaring terbuka berarti jenis pakaian ini memiliki area kosong antar benang. 

Nah desain inilah yang membuat pakaian jadi lebih cantik, tetapi juga jadi sangat rentan rusak. Jika Anda mengeringkan baju berbahan renda di mesin pengering, kemungkinan ada sesuatu yang akan tersangkut dicelah renda dan menyebabkannya sobek. 

Selain itu panas dari mesin pengering juga bisa merusak bahan yang sangat lembut ini. Seiring berjalannya waktu, kain renda bisa sangat lemah dan mudah sobek. 

Baca Juga: Waspadai Moms! Ini 5 Penyebab Utama Lutut Sering Sakit di Usia Muda

Topi baseball
Bolehkan topi baseball dicuci dengan mesin cuci dan dikeringkan dengan mesin pengering? Sebaiknya Anda mencuci dan mengeringkan topi baseball secara manual. 

Panas yang dihasilkan mesin pengering bisa merusak banyak benda. Salah satunya adalah topi baseball. Semakin panas suhu di mesin pengering, bentuk topi baseball bisa mudah rusak. 

Selain tiga barang di atas, Anda juga tidak boleh mengeringkan pakaian atau sepatu yang memiliki lem dan pernak-pernik dengan mesin pengering. Sebab ini akan menyebabkan lem mudah meleleh dan merusak kecantikan serta fungsionalitas pakaian atau sepatu Anda. 

Anda juga tidak boleh mengeringkan benda-benda yang memiliki label hanya boleh dikeringkan secara manual. Maka saat akan mencuci dan mengeringkan dengan mesin, periksa kembali labelnya ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News