AturUang

Pria atau Wanita, Siapa Sebenarnya yang Harus Mapan Sebelum Menikah?

Pria atau Wanita, Siapa Sebenarnya yang Harus Mapan Sebelum Menikah?

MOMSMONEY.ID -  Banyak yang menuntut pria untuk mapan terlebih dahulu sebelum memustuskan menikah, agar bisa menghidupi keluarganya nanti. Akan tetapi, perempuan pun tak ada salahnya untuk mengejar kemapanan sebelum menikah.

Imelda Tarigan, Perencana Keuangan Oneshildt, menyampaikan, sebenarnya, perempuan dan laki-laki tidak beda dalam mempersiapkan perkawinan.

"Prinsipnya, perkawinan, kan, mempersatukan dua manusia dengan segala kekurangan dan kelebihannya," kata Imelda kepada Momsmoney.

Baca Juga: Ingin Pernikahan Lebih Harmonis? Ini Cara Menata Kamar Sesuai Feng Shui

Tapi, secara kebiasaan, di Indonesia yang menganut sistem patrenial, pihak laki-laki diharapkan mapan menyediakan kebutuhan hidup keluarga. Pasalnya, pria dianggap sebagai kepala keluarga.

Pada kenyataannya, setelah kesempatan pendidikan dan kesempatan karier terbuka luas untuk perempuan, ada kalanya penghasilan perempuan lebih besar dari laki-laki sehingga mampu menopang kebutuhan keluarga. 

"Dan, itu tidak salah. Jadi, baik perempuan maupun pria bisa saja menyiapkan rumah sebagai tempat hidup keluarga," ungkap Imelda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News