Santai

10 Fitur Pesan Tersembunyi di iOS 17, Tidak Banyak Diketahui Pengguna

10 Fitur Pesan Tersembunyi di iOS 17, Tidak Banyak Diketahui Pengguna

MOMSMONEY.ID - Apple telah merilis iOS 17 dengan menambahkan beberapa fitur terbarunya. Salah satunya yaitu aplikasi Pesan. Terdapat fitur pesan tersembunyi di iOS 17. 

Tak banyak pengguna yang mengetahui fitur pesan tersembunyi di iOS 17. 

Apple memperkenalkan antarmuka yang dirombak untuk aplikasi Pesan yang mencakup beberapa fungsi tersembunyi yang berguna dan opsi penyesuaian yang mungkin tidak terlihat oleh rata-rata pengguna.

Baca Juga: Segera Rilis, Ini Daftar Fitur Baru di iOS 17 dan MacOS Sonoma

Bersumber dari MacRumors, berikut 10 fitur pesan tersembunyi di iOS 17:

1. Akses lebih cepat ke Perpustakaan Foto

Sebelumnya di iOS 16, berbagi foto melibatkan ketukan ikon Foto di deretan aplikasi di bawah kolom input teks untuk mengakses Rol Kamera Anda. Namun, di ‌iOS 17‌ tombol ‌Foto‌ hilang, sehingga Anda seolah-olah harus mengetuk tombol + di sebelah kiri bidang teks untuk menampilkan opsi.

Untungnya, mengakses foto Anda tidak harus melibatkan dua langkah, melainkan satu langkah. Jika Anda menekan dan menahan tombol +, Anda akan langsung dibawa ke perpustakaan foto Anda, siap untuk memilih gambar yang ingin Anda kirim.

2. Sesuaikan Menu Pesan

ilustrasi chat whatsapp

Saat Anda mengetuk tombol "+" di Pesan untuk memunculkan kolom opsi, opsi tersebut disusun dalam urutan default. Dari atas, ada Kamera, Foto, Stiker, Uang Tunai (jika tersedia), Audio, dan Lokasi. 

Di bagian paling bawah adalah tombol Lainnya yang ketika diketuk akan menampilkan aplikasi Pesan lain yang terinstal (Anda juga dapat menggeser ke atas untuk menampilkan daftar tersembunyi ini).

Anda dapat mengatur ulang aplikasi dalam daftar dan mendekatkan aplikasi yang paling sering Anda gunakan ke bagian atas, dan bahkan menampilkan lebih banyak aplikasi dari bagian "Lainnya" ke layar opsi pertama, dengan cara berikut.

Untuk memindahkan aplikasi dalam layar yang sama, tekan dan tahan ikonnya, lalu seret ke lokasi pilihan Anda dan lepaskan. Untuk memindahkan aplikasi ke halaman pertama ikon, cukup lakukan hal yang sama, namun seret ke atas layar dan letakkan di tempat yang Anda inginkan.

3. Balasan Lebih Cepat 

Sebelum iOS 17, membalas gelembung obrolan tertentu di aplikasi Pesan memerlukan penekanan yang lama, lalu menekan balasan. Namun fitur gesek untuk membalas mempercepat proses, dan membantu Anda melacak gelembung pesan mana yang Anda balas dengan beberapa isyarat visual.

4. Ubah Foto Langsung Jadi Stiker

Di iOS 17, Anda dapat mengambil subjek di Live Photos dan mengubahnya menjadi Live Stiker untuk digunakan di Pesan dan di tempat lain. Seperti namanya, Live Stiker pada dasarnya adalah stiker animasi perulangan yang dapat Anda bagikan dengan keluarga dan teman.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur StandBy Mode iOS 17 bagi Pengguna iPhone

5. Gunakan Emoji Sebagai Stiker

Di iOS 17, Apple memperlakukan semua emoji standar sebagai stiker, sehingga dapat digunakan dengan cara yang sama seperti stiker sebenarnya. Artinya, Anda tidak dibatasi untuk memasukkannya ke dalam percakapan. Anda juga dapat menyeretnya ke mana saja pada gelembung pesan. Anda bahkan dapat melapisinya satu sama lain untuk membuat adegan emoji kecil.

6. Kelola Aplikasi Stiker

Paket stiker standar masih tersedia di iOS 17, namun cara Anda mengakses dan mengelolanya telah berubah sejak iOS 16. Langkah-langkah berikut menunjukkan cara mengakses, mengatur ulang, dan menghapus aplikasi stiker yang terpasang di iPhone Anda.

7. Gunakan Filter Pencarian 

Apple meningkatkan fungsi pencarian sehingga Anda dapat menggabungkan kueri pencarian dan mempersempit hasil untuk menemukan pesan yang Anda cari dengan cepat.

Jika Anda mencari gambar atau link dari orang tertentu, misalnya, ketikkan nama orang tersebut terlebih dahulu, lalu tap "Pesan dengan: [nama orang]".

Baca Juga: Apa Itu Live Activities di iPhone? Begini Cara Menggunakan Fitur Baru di iOS

Selanjutnya, pilih filter "Foto" atau "Tautan" yang muncul, dan Pesan akan semakin mempersempit hasil pencarian. Anda kemudian dapat memasukkan kata kunci tambahan dan Pesan akan menampilkan tautan atau gambar apa pun yang mengandung kata tersebut.

Alternatifnya, Anda dapat memulai pencarian dengan kata kunci lalu memfilter hasilnya berdasarkan orang, tautan, foto, atau lokasi.

8. Simpan Pesan Audio

Peningkatan kecil lainnya pada Pesan di iOS 17 adalah lebih jelasnya di mana pesan audio disimpan saat Anda memilih untuk menyimpannya.

Di iOS 16, menekan dan menahan pesan audio akan memunculkan opsi Simpan di menu pop-up, tetapi setelah mengetuknya, tidak jelas ke mana harus mencari file tersebut.

‌iOS 17‌, Apple memperbaiki masalah ini dengan mengganti opsi "Simpan" dengan "Simpan ke Memo Suara". 

Setelah mengetuknya, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka aplikasi Memo Suara, di mana Anda akan menemukan pesan audio di bagian atas daftar.

Dari sana, Anda dapat memilih untuk menyempurnakan rekaman, melewati keheningan, memberi nama pengenal pada memo tersebut, dan menghapusnya saat Anda tidak lagi membutuhkannya.

9. Sesuaikan Kecepatan Pesan Audio

Saat Anda menerima pesan audio, Anda tidak dibatasi untuk mendengarkannya dengan kecepatan rekaman. Jika pesan berisi keheningan berkala atau orang tersebut berbicara perlahan, Anda mungkin ingin memutarnya kembali dengan kecepatan lebih cepat.

Cukup tekan lama tombol putar untuk menampilkan menu opsi kecepatan pemutaran, termasuk 1x, 1,25x, 1,5x, dan 2x.

Baca Juga: WhatsApp Channel atau Saluran Meluncur Global, ini 4 Fitur Baru yang Harus Anda Tahu

10. Kirim Pesan Audio Lebih Cepat 

Jika Anda cenderung mengirim banyak pesan audio secara berurutan, Anda tidak perlu terus-menerus mengetuk tombol + untuk menampilkan opsi Audio untuk merekam pesan lainnya.

Pesan mengingat jenis pesan terakhir yang Anda kirim, dan akan menampilkan ikon bentuk gelombang audio di sisi kanan bidang input teks yang dapat Anda tekan dan tahan dengan mudah untuk merekam pesan audio berikutnya.

Nah, itulah beberapa fitur pesan tersembunyi di iOS 17 yang tidak banyak diketahui pengguna. Sudah mencoba fitur pesan di atas? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News