Santai

Ini Daftar 10 Ras Anjing Terbesar di Dunia, Berbobot hingga 100 Kg

Ini Daftar 10 Ras Anjing Terbesar di Dunia, Berbobot hingga 100 Kg

MOMSMONEY.ID - Jika Anda suka dengan ras anjing yang besar, ini daftar 10 ras anjing terbesar di dunia. 

Mungkin bagi sebagian orang memiiki anjing berukuran besar cukup menakutkan. Namun, ada juga borang yang suka dengan anjing besar.

Alasan utamanya, karena mereka bis ajadi anjing penjaga yang lembut kepada keluarganya.

Melansir WAG Walking, anjing berukuran besar biasanya membutuhkan makanan yang cukup banyak. Mereka juga membutuhkan makanan dengan nutrisi khusus untuk memastikan kesehatannya.

Sehingga, saat ingin memelihara anjing besar, Moms perlu tahu apa saja yang mereka butuhkan. 

Baca Juga: Begini lo Cara Memandikan Anjing untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap

Nah, jika Anda ingin memilihara ras anjing besar, berikut daftar ras anjing terbesar di dunia yang bisa Anda pilih.

Ini daftar 10 ras anjing terbesar di dunia berdasar tinggi dan beratnya!

Mastiff

Anjing Ras Mastiff

Mastiff diklaim sebagai ras anjing terbesar di dunia. Namun anjing ini bukan jenis anjing yang tinggi seperti Great Dane atau Irish Wolfhound. Namun, anjing ini memiliki tubuh yang besar. Bahkan anjing terbesar dari ras ini bisa memiliki berat lebih dari 104 kilogram.

Ukurannya yang besar membuat ras mastiff dipenuhi sejarah kekerasan. Sejak zaman Romawi. ras ini digunakan untuk bertaruk baik dalam konflik maupun area gladiator. Tapi, saat ini Mastiff adalah binatang jinak yang betah di rumah.

Baca Juga: 2 Promo Mako Bakery & JCO 17-30 September 2024, Ada Danish Pastry Rp 10.000

Boerboel 

Anjing Ras Boerboel

Ras anjing ini berasal dari Afrika Selatan. Ini adalah ras anjing peternakan yang besar. Anjing ini memiliki ciri khas tubuh yang kekar dan berotot. Berdasarkan beratnya, Boerboel masuk dalam anjing terbesar dengan berat bisa mencapai 90kg. 

Boerboel memiliki keunggulan sebagai anjing penjaga baik di peternakan maupun di rumah. Mereka adalah jenis anjing yang setia, dan bila dilatih penuh kasih sayang terhadap keluarga bahkan dengan anak-anak kecil. 

Hanya, anjing ini tidak begitu cocok dengan anjing lain. Secara alami mereka juga penuh curiga terhadap orang asing. 

Loenberger

Anjing Ras Leonberger

Loenberger adalah jenis anjing yang besar ketigas. Pejantan ras ini memiliki berat hingga 77 kilogram. Berasal dari Jerman, Leonberger ini seringkali disebut Gentle Lion karena sifatnya yang ramah dan penampilannya yang "manis". 

Ras Loenberger ini memiliki buku yang tebal sehingga membutuhkan banyak perawatan. Bahkan ,pejantan ras ini memiliki bulu seperti singa.

Anjing ini juga jenis anjing yang kuat meski dia ramah dan mudah bergaul dengan anak kecil. Namun, jenis anjing ini hanya bisa hidup sekitar 7 tahun saja. 

Baca Juga: 4 Channel Youtuber Indonesia Bahas Konspirasi Penuh Misteri

Great Dane

Anjing Ras Great Dane

Daftar ras anjing terbesar berdasarkan tingginya  adalah Great Dane. Pejantan ras ini bisa memiliki tinggi hingga 86 cm. Ini juga menjadi ras anjing paling populer di Amerika Serikat (AS). 

Great Dane adalah anjing yang tampak menawan; besar dan lamban, tetapi juga jangkung, dengan tungkai yang panjang dan ramping, dan wajah yang tampan.

Mereka sangat tenang dan ramah, sehingga mereka menjadi hewan peliharaan keluarga yang sempurna. Asalkan, Anda memiliki cukup ruang untuk hewan besar ini agar dapat berkembang biak.

Sayangnya, Great Dane memiliki masa hidup yang lebih pendek daripada banyak ras lainnya, yaitu antara 8 tahun dan 10 tahun.

Irish Wolfhound

Anjing Ras Wolfhound

Betina ras ini bisa memiliki tinggi minimal 76 cm dan jantan minimal 81 cm, Irish Wolfhound masuk dalam kategori ras anjing terbesar berdasarkan tingginya.

Tak seperti ras lain dalam daftar ini, ras Iris Wolfhound tidak memiliki otot yang besar. Ini justru jenis anjing yang panjang dan ramping.

Ras ini berasal dari Irlandia, hasil persilangan yang tujuannya untuk membantu manusia memburu serigala dan babi hutan. Anjing ini dulunya juga digunakan untuk menyeret orang dari kuda dan kereta perang saat terjadi pertempuran. 

Irish Wolfhound membutuhkan banyak ruang untuk merasa senang, termasuk halaman yang luas untuk berkeliaran dan banyak latihan harian. Sebagai anak anjing, mereka dikenal terkadang kikuk, karena mereka belajar cara tumbuh dalam tubuh mereka.

Baca Juga: 5 Tontonan Bertema Bunuh Diri Ini Wajib Ditonton dengan Bimbingan Orang Dewasa Ya

Tosa Inu

Anjing Ras Tosa Inu

Ini adalah ras anjing terbesar dari Jepang. Anjing ini bisa memiliki bobot hingga 90 kilogram. Tosa memiliki masa lalu yang kontroversial sebagai anjing petarung, dan asosiasi tersebut mungkin masih ada. ini adalah ras yang dilarang, atau dibatasi, di beberapa negara. 

Tosa dapat menjadi hewan peliharaan keluarga, jika dilatih dan disosialisasikan dengan benar, dan di lingkungan yang tepat — ia dapat menjadi anjing yang setia, protektif, dan penuh kasih sayang. Namun, anjing ini jelas bukan anjing untuk pemula.

Newfoundland

Anjing Ras Newfoundland

Ras anjing yang berasal dari Kanada ini dikembangbiakan untuk menjadi anjing air. Jenis anjing ini bisa membantu orang yang mengalami kesulitan berenang. Bentuk tubuh dan bulunya memang diciptakan untuk mengemban tugas penting ini. 

Newfoundland memiliki jenis kaki berselaput dan bulunya anti air. Mereka memiliki tubuh yang kuat untuk berenang dalamn jarak jauh dan menarik seseorang.

Namun, anjing ini tidak bisa tinggal di daerah yang panas. Mereka mudah kelelahan saat cuaca panas dan akan minum banyak air. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Perceraian Rumah Tangga Pilu dan Penuh Drama

Great Pyrenees

Anjing Ras Great Pyrenees

Dibandingkan daftar sebelumnya, ras Pyrenees ini tidak terlalu berat. Ras anjing ini memiliki bobot sekitar 45 kilogram dengan tinggi mencapai 81 cm, jenis anjing yang cukup tinggi. 

Jenis anjing ini berasal dari Pegunungan Pyrenees yang terletak di antara Perancis dan Spanyol. Ras ini dikembangbiakan untuk bekerjasama dengan para penggembala saat kondisi dingin dan bersalju. Oleh karena itu mereka memiliki bulu yang sangat tebal. 

Ras ini memiliki sifat yang ramah, tenang dan lembut. Mereka juga bisa menjadi anjing penjaga yang baik, rukun dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Selain itu, Pyrenees sangat suka menggonggong.

Saint Bernard

Anjing Ras Saint Bernard

Ras ini sering dijuluki sebagai raksasa yang lembut. Anjing besar dan lembut ini masuk dalam daftar ras anjing terbesar namun juga sangat lembut kepada manusia. 

Saint Bernard bisa memiliki bobot hingga 81 kilogram. Mereka merupakan jenis anjing yang hangat dan penuh kasih sayang. Namun, mereka sedikit waspada dengan anjing lain dan orang asing. Ini juga jenis anjing yang cerdas dan bisa dilatih saat mereka masih anak-anak. 

Baca Juga: Ternyata ini Benda Paling Kotor di Kamar, kata Ahli Kebersihan Rumah!

Anatolian Shepherd

Anjing Ras Anatolian Shepherd

Ini adalah ras anjing yang berasal dari Turki. jiga menjadi salah satu ras anjing terbesar dengan berat pejantan hingga 68 kilogram dan tinggi hingga 73 cm. Ini adalah jenis anjing yang pintar, dikembangbiakan untuk menjaga ternak dari predator. 

Anatolian Shepherd dikenal dengan bentuknya yang ramping dan lincah dan bulu yang tebal. Mereka memiliki sifat yang protektif dan waspada. Dia bisa menjadi anjing yang cukup serius, suka menyendiri dan mandiri. 

Selanjutnya: Ini Benda yang Tidak Boleh Dicuci dengan Sabun Cuci Piring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News