Santai

Ini Cara dan Ketentuan Refund Tiket 100% KA Lewat CC121 dan Aplikasi Access by KAI

Ini Cara dan Ketentuan Refund Tiket 100% KA Lewat CC121 dan Aplikasi Access by KAI

MOMSMONEY.ID - Imbas gangguan perjalanan akibat insiden rintang jalan KA Argo Bromo Anggrek yang terjadi pada 1 Agustus 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan layanan refund tiket 100%. Kini, jangkauan layanan refund 100% ini diperluas.

Dengan perluasan jangkauan ini, proses pengembalian bea tidak lagi terbatas di loket stasiun. Mulai Senin, 4 Agustus 2025 pukul 14.00 WIB, pelanggan dapat melakukan pembatalan tiket dan pengajuan refund secara mandiri melalui dua kanal tambahan, yaitu Contact Center 121 (CC121) dan fitur VoIP di aplikasi Access by KAI.

“Kami memahami bahwa tidak semua pelanggan memiliki waktu atau kemudahan untuk datang langsung ke stasiun. Karena itu, KAI menghadirkan opsi jarak jauh agar proses refund tetap mudah, aman, dan cepat,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba dalam keterangan tertulis, Senin (4/8).

Langkah ini dilakukan lantaran KAI ingin mengedepankan hak pelanggan, khususnya mereka yang terdampak gangguan perjalanan. Pelanggan yang mengalami keterlambatan lebih dari 1 jam, perubahan rute (rerouting), atau tidak dapat melanjutkan perjalanan karena keterbatasan layanan, berhak mendapatkan pengembalian dana secara utuh.

Baca Juga: 14 Daftar Menu Sarapan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Bila Anda ingin mengajukan refund lewat CC121 dan VoIP, pelanggan cukup menghubungi layanan, menyampaikan kode booking, data diri, dan nomor rekening.

Selanjutnya, petugas akan melakukan verifikasi dan memproses pembatalan. Dana akan dikembalikan langsung ke rekening pelanggan melalui transfer bank.

Anne mengatakan, pengajuan ini dilakukan tanpa formulir fisik, tanpa antre, dan tanpa potongan. "Ini adalah cara KAI menjaga kepercayaan pelanggan,” kata Anne.

Adapun, ketentuan layanan refund 100% ini berlaku untuk pelanggan yang:

- Mengalami keterlambatan keberangkatan lebih dari 1 jam.

- Menolak perubahan rute perjalanan (rerouting).

- Tidak dapat melanjutkan perjalanan ke stasiun tujuan.

- Menolak layanan KA pengganti atau moda transportasi lain yang ditawarkan.

Layanan refund hanya berlaku untuk KA yang telah ditetapkan sebagai "cancel train" dan tidak berlaku untuk penurunan kelas layanan. Pelanggan yang tetap ingin mengurus pembatalan secara langsung di loket stasiun juga tetap akan dilayani.

Adapun, operasional perjalanan KA pada 3 Agustus 2025 mulai menunjukkan tren positif. Sebanyak 295 perjalanan KA berhasil diberangkatkan, dengan 261 KA (88%) berangkat tepat waktu, dan 34 KA (12%) mengalami keterlambatan, sebagian besar karena penyesuaian operasional pada lintas terdampak.

Untuk kedatangan, tercatat 271 KA tiba di berbagai stasiun, yang terdiri dari 168 KA (62%) tiba tepat waktu, 14 KA (5%) terlambat kurang dari 20 menit, dan 89 KA (33%) mengalami keterlambatan lebih dari 20 menit.

 

Selanjutnya: Jelang HUT RI, Ini 30 Ide Lomba 17 Agustus 2025 yang Unik, Seru, dan Lucu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News