Santai

Penjualan Tiket KA Paling Banyak Lewat Access by KAI, Total Transaksi 12,6 Juta

Penjualan Tiket KA Paling Banyak Lewat Access by KAI, Total Transaksi 12,6 Juta

MOMSMONEY.ID - Pada Semester I tahun ini aplikasi Access by KAI tercatat sebagai kanal penjualan tiket kereta api jarak jauh yang paling diminati masyarakat, dengan total transaksi mencapai 12.644.411 pada periode Januari hingga Juni 2025.

Angka ini menempatkan Access by KAI sebagai kanal dengan kontribusi terbesar, lebih besar dibandingkan saluran lainnya seperti B2B sebanyak 3.597.819 transaksi, loket stasiun sebanyak 1.225.048 transaksi, website booking.kai.id sebanyak 227.319 transaksi, vending machine sebanyak 34.828 transaksi, dan Contact Center 121 sebanyak 3.112 transaksi.

“Sebanyak 72% dari seluruh transaksi pembelian tiket kereta api dilakukan menggunakan Access by KAI, menunjukkan dominasi dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan digital KAI,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Senin (14/7).

Baca Juga: Zinc Trail Run Hadir di Bali pada November Tahun Ini

Adapun, rincian volume transaksi Access by KAI setiap bulannya antara lain:

- Januari: 1.886.728 transaksi

- Februari: 2.134.543 transaksi

- Maret: 1.977.324 transaksi

- April: 2.052.666 transaksi

- Mei: 2.174.170 transaksi

- Juni: 2.418.980 transaksi

Adapun, bila dibandingkan dengan tahun 2024, Ssemester I tahun ini memperlihatkan akselerasi positif. Pasalnya pada tahun 2024 tercatat terdapat total 22,8 juta transaksi.

Anne menambahkan, Access by KAI saat ini telah bertransformasi menjadi platform utama bagi pelanggan dalam mengakses layanan kereta api. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang mendukung perjalanan, mulai dari pencarian tiket, penyesuaian jadwal, proses boarding dengan teknologi face recognition, hingga pemberitahuan perjalanan yang terintegrasi.

Seluruh fitur tersebut dirancang untuk meningkatkan kenyamanan, efisiensi, dan keandalan layanan bagi pengguna.

Dia juga mengatakan KAI akan terus menyempurnakan sistem digital Access by KAI agar semakin baik dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

“Kami sangat terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas layanan Access by KAI. Performa layanan ini akan terus kami evaluasi dan kembangkan agar semakin baik dan relevan di masa mendatang,” kata Anne.

Selanjutnya: Buruan, Kuota Diskon Tiket Kapal Pelni Tinggal 11%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News