AturUang

Ini Biaya Penarikan Uang Tunai di Berbagai Negara Menurut Wise

Ini Biaya Penarikan Uang Tunai di Berbagai Negara Menurut Wise

MOMSMONEY.ID - Wise membagikan biaya penarikan uang tunai di beberapa negara, mari simak.

Jika Anda berencana berlibur di luar negeri, banyak persiapan yang harus diperhatikan. Salah satunya, kesiapan uang untuk berbelanja atau untuk membayar transportasi di tempat anda berlibur.

Kalau Anda hendak melakukan penarikan uang tunai di destinasi liburan, perhatikan biaya penarikan uang tunai di berbagai destinasi mancanegara.

Pasalnya, Elian Ciptono, Country Manager Wise Indonesia, menilai, biaya ATM dapat bervariasi tergantung dari lokasi, dan ini dapat memengaruhi pengeluaran selama perjalanan Anda. Hal ini juga menyulitkan wisatawan dalam mengatur keuangan selama perjalanan.

Di beberapa destinasi liburan, biaya yang dikenakan cukup tinggi. Sebagai contoh, biaya penarikan di ATM Turki bisa mencapai 4,4% per transaksi. Sementara di Amerika Serikat biayanya lebih rendah, sekitar 1,81%.

Meskipun terdengar murah, biaya ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Misalnya, Anda menarik US$ 500 (sekitar Rp 7.752.500), Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 150.000.

Oleh karena itu, penting bagi wisatawan untuk waspada dengan biaya-biaya ini agar terhindar dari pengeluaran yang tak terduga.

Wise telah mengumpulkan informasi rata-rata biaya penarikan ATM di destinasi liburan populer warga Indonesia. Daftar biaya rata-rata penarikan uang tunai dari ATM luar negeri ini mencakup biaya di muka (upfront free) dan biaya tersembunyi seperti margin nilai tukar.

Baca Juga: Tips Kelola Uang Saat Liburan ke Luar Negeri ala Wise

1. Asia Tenggara

Thailand menjadi tempat paling mahal untuk melakukan penarikan ATM di daftar ini, dengan biaya 2,62% per transaksi. Sebagai ilustrasi, menarik Rp 5.000.000 di Thailand akan menelan biaya Rp131.000.

Sementara di Singapura dan Malaysia, biaya penarikan ATM lebih rendah, yaitu 1,41% dan 0,03%.

2. Asia Timur, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan China 

Tentunya, destinasi-destinasi tersebut memiliki biaya penarikan ATM yang berbeda-beda. Korea Selatan mengenakan biaya kedua tertinggi setelah Thailand yakni sekitar 2,55% per transaksi.

Sementara untuk negara-negara Asia Timur lainnya, Jepang mengenakan biaya yang cukup rendah yakni 0,64%, sedangkan Hong Kong mengenakan 0,05%, dan Cina hanya mengenakan 0,01%.

3. Amerika Serikat dan Inggris

Amerika Serikat mengenakan biaya 1,81% untuk penarikan ATM, sedangkan Inggris mengenakan 0,16% setiap transaksi.

So, sudah siap untuk berlibur ke negara-negara tersebut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News