AturUang

Simak Kekurangan dan Kelebihan Mengenalkan Anak Uang Tunai dan Uang Digital

Simak Kekurangan dan Kelebihan Mengenalkan Anak Uang Tunai dan Uang Digital

MOMSMONEY.ID - Masih suka bingung mengenalkan uang ke anak, lebih baik tunai atau digital? Berikut ini kekurangan dan kelebihan mengenalkan anak uang tunai dan uang digital.

Andy Nugroho, Perencana Keuangan Alliance Advisors Group, mengatakan, kelebihan mengenalkan uang tunai kepada anak adalah buah hati Anda akan mengetahui dengan lebih jelas dan kasat mata seperti apa pecahan uang, sekaligus bisa membedakan nilai berdasarkan tampilannya.

Selain itu, dengan merasakan tekstur dari uang tunai, anak juga bisa merasakan bila ternyata uang yang dia terima adalah rusak atau palsu.

"Dengan menggunakan uang cash, buat beberapa anak memudahkan mereka dalam belajar berhitung matematika dengan menjumlah atau mengurangi nominal uang," kata Andy kepada MomsMoney. 

Baca Juga: 4 Cara Mengelola Keuangan dengan Lebih Baik demi Masa depan yang Lebih Cerah

Sementara kekurangannya adalah dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, anak yang terbiasa dengan penggunaan uang tunai akan perlu belajar dan membiasakan diri juga dalam penggunaan uang elektronik.

Ketika mereka fokus belajar menggunakan uang tunai pun, maka akan butuh jumlah lembaran yang banyak bila hendak mengajarkan nominal yang lebih besar lagi. 

Andy melihat, kelebihan mengajarkan anak untuk mengenal produk uang digital dalah menjadi sangat fleksibel dalam melakukan proses transaksi.

Baca Juga: Perlukah Memberi Sumbangan untuk Acara Keluarga? Ini Kata Perencana Keuangan

Tak hanya itu, mereka juga tidak perlu lagi membawa uang tunai, sehingga akan lebih aman juga dari tindak kriminal.

"Kelebihan lainnya, proses transaksi juga bisa dilakukan dengan lebih cepat," ujar Andy. 

Hanya saja, kekurangan uang digital adalah ketika bertransaksi di tempat yang tidak melayani pembayaran menggunakan uang digital.

Apalagi, kalau anak diajarkan uang digital dahulu baru uang tunai akan membuat mereka sulit membedakan uang asli dan palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News