Keluarga

Ini Benda yang Tidak Boleh Dicuci dengan Sabun Cuci Piring

Ini Benda yang Tidak Boleh Dicuci dengan Sabun Cuci Piring

MOMSMONEY.ID - Ternyata, ada banyak benda di rumah yang tidak boleh dicuci dengan sabun cuci piring.

Anda tentu ingin semua peralatan atau benda yang ada di rumah awet dan tetap bersih. Namun, jangan pernah berpikir bahwa sabun cuci piring adalah produk pembersih serbaguna. 

Alih-alih membuatnya bersih, mencuci dengan sabun cuci piring bisa membuat benda-benda ini rusak. Melansir Apartment Therapy, berikut daftarnya.

Baca Juga: 2 Resep Ayam Goreng Serundeng Kelapa, Menu Makan Harian Enak Pakai Sambal

Ini daftar benda yang tidak boleh dicuci dengan sabun cuci piring

Mesin kopi

Jangan pernah mencuci mesin kopi dengan sabun cuci piring karena meninggalkan busa yang sulit dibersihkan. Terutama, pada bagian tank air.

Sebaiknya, gunakan produk khusus untuk membersihkan mesin kopi. Namun, jika dalam kondisi terpaksa, Anda bisa menggunakan cuka putih suling untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci. 

Permukaan dari batu dan granit

Sabun cuci piring bisa meninggalkan residu pada permukaan yang berpori seperti batu dan granit. Ini akan merusak permukaan. Sehingga gunakan produk pembersih khusus untuk batu dan granit.

Wajan besi

Sabun cuci piring bisa menghilangkan lapisan minyak dan meninggalkan residu. Ini membuat makanan yang dimasak memiliki rasa sabun.

Maka sebaiknya cuci dengan air panas dan gosok menggunakan produk khusus untuk mencuci wajan besi. Namun, membersihkannya dengan air panas dan menggosoknya saja sudah cukup. 

Baca Juga: Promo Amanda Brownies x Danamon, Dapatkan Cashback Rp 30.000!

Benda yang terbuat dari stainless steel

Sabun cuci piring bisa meninggalkan bekas putih pada permukaan stainless steel. Sebaiknya gunakan produk khusus untuk mencuci benda yang terbuat dari stainless steel.

Cermin

Sama seperti lantai, sabun cuci piring juga bisa meninggalkan bekas putih dan residu pada cermin jika Anda tidak membilasnya dengan benar.

Padahal, untuk membilasnya dengan benar, Anda membutuhkan banyak air. Maka sebaiknya, gunakan cuka suling atau produk khusus pembersih cermin. 

Permukaan marmer

Sabun cuci piring bisa membuat permukaan marmer jadi kusam. Anda harus menggunakan produk khusus untuk membersihkan permukaan atau benda yang terbuat dari marmer. 

Tanaman

Membersihkan tanaman dengan air sabun bisa berbahaya bagi tanaman. Kandungan kimia seperti amonia, pewarna, klorin dan fosfat bisa membuat tanaman mati.

Baca Juga: Ternyata ini Benda Paling Kotor di Kamar, kata Ahli Kebersihan Rumah!

Lantai & perabotan kayu

Lantai kayu sangat mudah rusak jika sering dipel. Apalagi jika Anda menggunakan air sabun. Ini akan membuat tampilannya jadi buruk. Jangan juga mencuci perabotan kayu dengan sabun cuci piring. Ini akan membuat kayu mudah rusak. 

Kulit

Jangan pernah mencuci semua benda yang terbuat dari kulit dengan sabun cuci priring. Ini akan menghilangkan kandungan minyak pada kulit sehingga kulit akan kering dan pecah. 

Benda dengan lapisan emas

Sabun cuci piring bisa menghilangkan lapisan emas. Sehingga untuk mencuci perhiasan emas atau permukaan yang berlapis emas, gunakan produk pembersih khusus.

Mesin cuci piring

Jika detergen mesin cuci piring habis, jangan pernah menggantinya dengan sabun cuci piring. Mesin cuci piring didesain untuk menggunakan detergen mesin cuci piring.

Alasannya, karena sabun cuci piring meninggalkan banyak busa, sehingga saat digunakan dalam mesin cuci piring, busa bisa meluap dan tumpah ke lantai.

Selanjutnya: Promo Dunkin 4 Paket Hemat di Bandung & Sekitarnya 14-30 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News