Keluarga

Ini Alasan Tidak Boleh Mengonsumsi Alkohol Setiap Hari

Ini Alasan Tidak Boleh Mengonsumsi Alkohol Setiap Hari

MOMSMONEY.ID - Ada alasan tidak boleh mengonsumsi alkohol setiap hari. 

Bagi beberapa orang meminum alkohol adalah kebutuhan sosial. Namun ada juga yang justru sangat kecanduan alkohol hingga harus mengonsumsinya setiap hari.

Namun apakah baik mengonsumsi alkohol setiap hari? Melansir Woman and Home batas wajar konsumsi alkohol adalah setara 6 botol bir atau satu setengah botol anggur per minggu.

Ini pun tidak boleh dikonsumsi setiap hari dalam seminggu. Setidaknya harus ada beberapa hari diantaranya Anda benar-benar tidak minum alkohol. 

Lalu apa yang terjadi jika Anda mengonsumsi alkohol berlebihan setiap hari? 

Bisa berbahaya bagi hati 

Alkohol sangat berbahaya bagi hati dibandingkan organ lain pada tubuh. Sebab di hatilah alkohol akan diolah. 
Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol maka dampaknya usa menyebabkan kerusakan hati termasuk penyakit hati berlemak, hepatitis alkoholik dan sirosis. 

Baca Juga: Baik untuk Otak dan Jantung, Ini 8 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Anak-Anak 

Minum alkohol setiap hari akan mengubah perilaku

Alkohol dikenal bisa mengubah cara kita berpikir dan bertindak. Lihat saja bagaimana perasaan Anda setelah meminum segelas anggur setelah hari yang melelahkan. 

Santai, tenang, dan mungkin dengan pandangan yang lebih baik terhadap suatu situasi. Namun seperti yang Anda ketahui, siapapun yang terbangun setelah minum terlalu banyak alkohol akan memiliki situasi hati yang lebih buruk. 

Dosis rendah alkohol akan membuat kecemasan berkurang namun mengonsumsi alkohol dengan dosis tinggi bisa meningkatkan pengambilan risiko dan perilaku tidak pantas. 

Melemahkan sistem imun

Meminum alkohol setiap hari bisa melemahkan sistem imun Anda karena memberikan tekanan pada organ vital seperti hati dan memaksa organ tersebut fokus pada metabolisme alkohol dibandingkan funsgu normalnya. Ini membuat kita mudah terkena flu. 

Di paru-paru, salah satu pertahanan kekebalan tubuh ang pertama, alkohol bisa merusak sel-sel dan rambut-rambut yang bisa membersihkan potensi virus.

Baca Juga: Bisa Menunda Tanda-Tanda Penuaan, Ini 5 Manfaat Air Tebu untuk Kecantikan 

Bisa mempengaruhi kesehatan kulit

Alkohol bisa membuat tubuh dehidrasi, begitu juga dengan kulit. Ini menyebabkan kulit jadi lebih cepat berkerut, terkelupas dan peradangan. 

Dalam jangka panjangm minum alkohol tiap hari bisa memberikan masalah serius pada kulit. Alkohol bisa membuat tubuh melepaskan banyak histamin yang bisa menyebabkan pembuluh darah melebar. Ini yang menyebabkan mereka yang minum alkohol kulitnya mudah memerah dan meradang.

Minum alkohol tiap hari bisa membunuh bakteri baik bagi tubuh

Alkohol yang masuk ke dalam tubuh bisa berdampak pada mikrobioma usus, sebuah ekosistme yang terdiri dari triliunan bakter yang hidup di usus kita. 

Membiasakan minum alkohol setiap hari dapat mengubah komposisi bakteri usus kita dan membantu menumbuhkan lebih banyak bakteri berbahaya dan mengurangi jumlah bakteri baik. Ini bisa menyebabkan kebocoran dinding usus dan memungkinkan bahan kimia berbahaya masuk dan menyebabkan peradangan pada usus. 

Itulah alasan tidak boleh mengonsumsi alkohol setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News