Santai

Ini Alasan Mendengarkan Lagu Natal Baik untuk Kesehatan, Moms

Ini Alasan Mendengarkan Lagu Natal Baik untuk Kesehatan, Moms

MOMSMONEY.ID - Belakangan ini, Moms mungkin lebih sering mendengarkan lagu-lagu natal, baik yang sengaja diputar atau tidak sengaja didengar ketika mengunjungi mal. 

Lagu natal seperti "All I Want For Christmas Is You" yang dipopulerkan Mariah Carey atau "Last Christmas" dari Wham! menjadi lagu natal yang populer selama bertahun-tahun. Bahkan, seakan menjadi wajib untuk diputar selain lagu natal "Silent Night".

Mengutip Breakinews.ie, ada alasan kenapa mendengarkan lagu-lagu bukan hanya enak didengar, tetapi juga baik untuk kesehatan Moms. Berikut sejumlah alhli berbicara mengenai manfaat mendengarkan lagu-lagu natal atau christmas carols untuk kesehatan fisik dan psikis. 

Pertama, lagu-lagu natal membawa kita mengingat pada musim festive, yaitu perayaan musim liburan dan berkumpul dengan keluarga. 

Baca juga: Billboard Hot 100: Lagu-lagu Natal Ini Banjiri Puncak Tangga Lagu Dunia

Sebenarnya,  pembawa musim ini menjadi menyenangkan adalah hormon kebahagiaan. Setidaknya ada empat hormon yang bisa mencetuskan mood persaan lebih gembira, yaitu dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorfin. 

“Mendengarkan musik yang kita nikmati melepaskan kombinasi dopamin dan serotonin yang melimpah di otak kita, membantu kita meningkatkan perasaan bahagia dan perasaan rileks yang dalam,” kata Jasmine Eskenzi, pendiri dan kepala eksekutif dari aplikasi kesejahteraan dan produktivitas, The Zensory. 

Efek tersebut dapat diperkuat ketika Moms bernyanyi. “Bernyanyi juga memicu pelepasan oksitosin, yang mengurangi perasaan cemas,” kata dia.

Mirip dengan meditasi mindfulness, ini bisa menjadi penangkal stres yang ampuh karena memaksa kita untuk fokus pada pernapasan, membebaskan dari pikiran yang masuk maupun keluar. 

Dr Tom Jenkins, pendiri dari pusat pengobatan tradisional Centoreze menambahkan, bernyanyi dapat mengurangi hormon stres kortisol, sehingga bisa membawa efek positif pada pembuluh darah dan jantung. Terutama ketika kita menghirup nafas dalam-dalam. 

"Ini membantu untuk mendapatkan oksigen lebih banyak untuk aliran darah. Bernyanyi sambil berdiri pun positif untuk postur tubuh secara keseluruhan," kata dia. 

Mempererat hubungan

Sementara itu Lowri Dowthwaite-Walsh, psikolog perilaku kognitif dan dosen senior di University of Central Lancashire mejelaskan, lagu-lagu natal juga membawa perasaan nostalgia. Perasaan ini bisa membuat nyaman dan menghalau stres. 

Bernyanyi bersama dengan teman atau keluarga juga baik untuk kesehatan mental karena bisa meningkatkan mood. 

"Lagu-lagu natal menyodorkan kesempatan untuk terhubung dengan keluarga atau teman. Mendengarkan lagu-lagu natal juga bisa memberikan rasa memiliki pada seseorang," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News