Bugar

Ini 7 Minuman untuk Radang Tenggorokan yang Mudah Dibuat di Rumah

Ini 7 Minuman untuk Radang Tenggorokan yang Mudah Dibuat di Rumah

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Simak minuman untuk radang tenggorokan yang mudah dibuat di rumah.

Rekomendasi minuman ini bisa jadi pengobatan alternatif apabila gejala radang dalam tahap awal.

Radang tenggorokan, yang juga dikenal sebagai faringitis, adalah kondisi medis yang ditandai oleh peradangan atau iritasi pada tenggorokan.

Ini terjadi pada bagian belakang leher yang berhubungan dengan saluran makanan dan saluran napas

Radang tenggorokan adalah kondisi yang ditandai dengan iritasi yang biasanya disertai dengan gejala seperti kesulitan menelan, batuk, dan suara serak.

Baca Juga: Ini 10 Makanan yang Dihindari saat Hidung Tersumbat, Ada Tomat hingga Susu

Penyebab radang tenggorokan

Untuk itu, kenali beberapa penyebab tenggorokan berikut ini:

  • Infeksi Virus: Virus seperti rhinovirus (penyebab flu biasa), adenovirus, atau virus Epstein-Barr dapat menyebabkan radang tenggorokan. Ini sering terjadi dalam kasus flu, pilek, atau mononukleosis.
  • Infeksi Bakteri: Bakteri seperti Streptococcus pyogenes (penyebab infeksi tenggorokan streptokokus) dapat menyebabkan radang tenggorokan bakteri yang dikenal sebagai faringitis.
  • Iritasi: Paparan terhadap iritan lingkungan seperti asap rokok, polusi udara, atau bahan kimia berbahaya dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.
  • Alergi: Alergi terhadap serbuk sari, bulu hewan, atau alergen lainnya dapat menyebabkan reaksi alergi di tenggorokan yang menghasilkan radang.
  • Aktivitas Berlebihan Tenggorokan: Berbicara dengan keras atau berteriak secara berlebihan, terutama dalam jangka waktu yang lama, dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.

Nah, Anda bisa meredakan gejala radang tenggorokan dengan mudah yang wajib dicoba. Intip rekomendasi minuman untuk radang tenggorokan yang dilansir dari Theraflu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Tepat, Lakukan Jika Ada Tanda-Tanda Darah Rendah

Minuman untuk radang tenggorokan

Untuk meredakan radang tenggorokan, ada beberapa minuman yang dapat membantu:

1. Air Hangat

Untuk meredakan gejala radang tenggorokan, Anda bisa memulai dengan minum air hangat atau teh hangat dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

2. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh chamomile atau teh jahe dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Anda bisa menambahkan madu untuk memberikan efek melembutkan tenggorokan.

3. Air Lemon

Pastikan Anda mencoba racikan minuman pereda radang tenggorokan selanjutnya. Anda hanya perlu mencampurkan air hangat dengan perasan lemon dan sedikit madu dapat membantu mengurangi radang dan memberikan efek penyegaran.

4. Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Campur setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumur beberapa kali sehari.

5. Minuman Kaldu Ayam

Kaldu ayam yang hangat dapat membantu melembutkan tenggorokan dan memberikan nutrisi tambahan. Tentunya, minuman ini juga memberikan manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

6. Minuman Peppermint

Selain itu, ada teh peppermint atau minyak peppermint dalam air hangat dapat memberikan efek menyejukkan dan meredakan radang tenggorokan.

Pengobatan radang tenggorokan akan tergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik.

Untuk radang tenggorokan virus, istirahat, minum banyak cairan, dan obat pereda nyeri bisa membantu meredakan gejalanya.

Demikian beberapa rekomendasi minuman pereda radang tenggorokan yang wajib Anda coba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News