Keluarga

Ini 5 Gejala Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Tak Minum Air Putih Selama 24 Jam

Ini 5 Gejala Tubuh yang Akan Dirasakan Saat Tak Minum Air Putih Selama 24 Jam

MOMSMONEY.ID - Apa sih yang akan terjadi pada tubuh jika tak minum air putih selama 24 jam? Mari simak jawabannya berikut ini.

Sebuah studi di BMC Public Health mengatakan bahwa air dapat membentuk sekitar 60% dari berat badan seseorang. Jika 3% air hilang dari berat badan seseorang, maka akan menyebabkan dehidrasi.

Dikutip dari Health Direct, dehidrasi adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak memiliki cukup air. Tentu ini akan mempengaruhi kinerja fisik & mental seseorang. Tubuh juga tak bisa bekerja secara maksimal ketika mengalami dehidrasi.

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Penuh Gula yang Patut Anda Waspadai, Jangan Dibiarkan!

Jika seseorang mengabaikan tanda-tanda dehidrasi dan tetap tidak minum air putih, maka tubuhnya akan merespons.

Otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk menghemat air dan mulai mengurangi buang air kecil. Hal ini akan memperlambat fungsi ginjal.

Lantas, apa sajakah gejala dehidrasi yang akan dirasakan tubuh ketika tak minum air putih selama 24 jam? Coba simak artikel berikut ini.

Baca Juga: 6 Cara Mengurangi Kelebihan Garam dalam Tubuh Agar Tak Terkena Stroke

Aturan Umum Minum Air Putih

Sebetulnya, tidak ada aturan baku berapa banyak air yang harus manusia konsumsi. Namun di Australia, terdapat aturan umum standar kebutuhan rata-rata, di antaranya:

  • Pria sekitar 10 gelas air (setara dengan 2,6 liter atau 2.600 mL)
  • Wanita sekitar 8 gelas (setara 2,1 liter atau 2.100 mL)
  • Wanita hamil & menyusui sekitar 9 gelas
  • Anak-anak sekitar 4-5 gelas air
  • Remaja sekitar 6-8 gelas air

Sebagai catatan, ukuran di Australia, standar 1 gelas air setara dengan 250 mL.

Baca Juga: Kasusnya Terus Meningkat, Begini Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Anda Tahu

Gejala Dehidrasi

1. Sakit kepala berkelanjutan

Mengutip dari Henry Ford, salah satu gejala dehidrasi akibat tak minum air putih selama 24 jam penuh ialah merasa sakit kepala yang berdenyut dan terus menerus.

Kabar baiknya, jika sakit kepala tersebut disebabkan oleh dehidrasi, maka kondisi tersebut bisa langsung hilang jika Anda minum air yang bisa mencukupi rasa haus Anda.

2. Kulit kusam

Gejala dehidrasi juga bisa tampak di wajah, seperti kulit berubah menjadi kusam & kering. Selian itu, wajah akan tampak terlihat pucat, kurang elastis, dan tidak bercahaya.

Baca Juga: 5 Efek Kurang Makan Buah dan Sayur bagi Tubuh, Bisa Bikin Rambut Kering!

Dehidrasi

3. Merasa lemas

Meski dehidrasi parah tak mungkin terjadi dalam kurun waktu 24 jam, namun Anda yang tak minum air putih yang cukup dapat mengalami gejala dehidrasi ringan seperti lemas, detak jantung meningkat, serta merasa tak berenergi untuk dapat melakukan aktivitas fisik seperti biasa, dikutip dari Fakaza News.

4. Berat badan bertambah

Saat tubuh kekurangan air putih, maka otak akan mempersepsikan rasa haus tersebut menjadi rasa lapar. Akibatnya, banyak orang yang cenderung makan lebih banyak, padahal sebenarnya mereka hanya butuh minum yang cukup.

“Kadang jika Anda minum segelas air, maka rasa lapar akan hilang,” ucap Dr. moghaddam, seorang dokter pengobatan keluarga di Henry Ford Health.

Baca Juga: Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Mood Swing yang Sering Datang, Hindari Kopi

5. Sulit berkonsentrasi

Otak akan menciut ketika kekurangan air putih. Ini disebabkan karena air dapat mengencerkan darah yang mana di dalam darah tersebut mengandung oksigen. Jika air dalam tubuh kurang, maka darah akan lebih lambat sehingga membuat kandungan oksigen dalam otak berkurang. Inilah sebabnya Anda akan kesulitan berkonsentrasi.

Itu dia aneka gejala dehidrasi yang bisa saja Anda rasakan ketika tak minum air putih selama 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News