Keluarga

Ini 5 Bahan Makanan yang Bisa Mencerahkan Kulit

Ini 5 Bahan Makanan yang Bisa Mencerahkan Kulit

MOMSMONEY.ID - Kita semua tentu ingin kulit wajah yang cerah, sehat dan dewy. Nah, Anda bisa simpan dan konsumsi 5 bahan makanan ini bisa mencerahkan kulit wajah.

Ternyata, makanan memiliki dampak yang besar pada kualitas kulit kita. Apabila Anda memberi nutrisi yang tepat melalui makanan, maka kulit bisa bersih dan sehat. Maka, tak ada salahnya mulai memperhatikan asupan makanan dari sekarang.

Melansir Real Simple, Ahli Diet Carolina Schneider menyebutkan, sama seperti makanan tertentu yang bisa memperburuk kondisi kulit kita, makanan lain dapat membantu meringankan kondisi kulit. 

Makanan yang kaya akan zinc seperti biji labu, lentil, kacang-kacangan dan kacang mete bisa mendukung kesehatan kulit dan mengontrol produksi minyak serta mengurangi peradangan. Zinc berperan dalam mengendalikan produksi minyak yang berkontribusi pada jerawat dan kulit berminyak. 

Selain itu, ada beberapa bahan makanan yang bisa bikin kulit cerah karena banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang dibutuhkan kulit. Perubahan warna pada kulit juga bisa dilawan dengan makanan yang tinggi anti-oksidan, protein dan vitamin C. 

Makanan seperti bayam, kangkung, brokoli dan wortel bisa mengurangi stres oksidatif yang terkain dengan gangguan pigmentasi kulit seperti melasma. Lebih lanjut, ini lima makanan teratas yang bisa bikin kulit wajah jadi lebih cerah.

Baca Juga: Cara Praktis untuk Kulit Terlindungi dan Makeup yang Flawless

Bahan makanan yang bisa mencerahkan kulit

Ikan

Jenis ikan berlemak seperti sarden dan salmon memiliki bahan anti-inflamasi. Omega-3 di dalamnya berperan menjaga barrier lipid kulit yang penting untuk hidrasi dan polusi akibat kerusakan lingkungan. 

Anda bisa mengonsumsinya sebagai salad atau dipanggang bersamaan dengan brokoli. Ikan berlemak adalah salah satu bahan makanan yang bagus untuk mencerahkan kulit. 

Tomat

Tak hanya lezat dan serbaguna, mengonsumsi tomat bisa mencerahkan kulit dan  memperbaiki tekstur kulit menurut Dermatologis dr Macrene Alexiades. 

Lycopene yang ditemukan dalam tomat terbukti meningkatkan tekstur dan kualitas kulit. Adapun, tubuh kita rentan terhadap stres oksidatif dan ketidakseimbangan antioksidan. Nah likopen dapat mengurangi efek samping fisik dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Wajib Pakai Cushion Dibanding Foundation

Kacang kenari

Kenari adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan zinc yang penting untuk kesehatan kulit. Omega-3 dapat membantu menjaga barrier kulit yang menjaga kelembaban kulit, sementarta Zinc bisa untuk penyembuhan kulit.

Paprika

Tubuh kita memproduksi banyak kolagen, dengan dikombinasikan mengonsumsi makanan tinggi Vitamin C, produksinya akan semakin meningkat. Nah, paprika adalah jenis bahan makanan yang tinggi vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita. 

Selain itu, beta karoten pada paprika juga bagus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sehingga paprika adalah bahan makanan yang bisa bikin kulit lebih sehat dan cerah. 

Biji bunga matahari/kuaci

Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari polusi dan membantu kulit regenerasi. Anda bisa menikmati kuaci mentah, dipanggang atau dimasak dan dicampur dengan makanan lain kesukaan Anda. 

Itu tadi makanan yang bisa mencerahkan kulit. Yuk, stok banyak di rumah Moms.

Selanjutnya: Promo JSM Superindo Sampai Hari Ini, Beli Lifebuoy dan Molto Diskon Sampai 40%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News