MOMSMONEY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat selama masa perjalanan natal dan tahun baru dari tanggal 18 hingga 25 Desember 2025, KAI melayani 1.760.221 pelanggan kereta api jarak jauh dan kereta api lokal di berbagai wilayah operasional.
Vice President Corporate Communication KAI Anne Purba menjelaskan, tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api mencerminkan peran strategis transportasi publik dalam menjaga kelancaran perjalanan akhir tahun yang aman, nyaman, dan terjangkau.
“Selama masa Nataru, KAI menjaga kelancaran mobilitas masyarakat melalui layanan yang andal, kapasitas yang memadai, serta konektivitas antardaerah yang mendukung perjalanan libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Anne dalam keterangan tertulis, Jumat (26/12).
Pergerakan pelanggan selama periode 18–25 Desember 2025 menunjukkan tren peningkatan seiring mendekatnya puncak libur Natal. Pada 18 Desember tercatat 157.301 pelanggan, meningkat menjadi 202.369 pelanggan pada 19 Desember dan 209.925 pelanggan pada 20 Desember.
Arus perjalanan terus menguat pada 21 Desember dengan 223.654 pelanggan, naik menjadi 227.134 pelanggan pada 22 Desember, serta meningkat kembali pada 23 Desember dengan 233.671 pelanggan.
Puncak pergerakan terjadi pada 24 Desember dengan 259.333 pelanggan, sementara pada 25 Desember jumlah pelanggan tetap tinggi sebanyak 246.834 pelanggan.
Pada 26 Desember 2025, jumlah pelanggan kereta api jarak jauh dan lokal diperkirakan mencapai 194.211 pelanggan lebih berdasarkan data pemesanan hingga pukul 08.00 WIB. Angka tersebut masih bersifat dinamis dan diperkirakan terus bertambah seiring penjualan tiket yang masih berlangsung.
Baca Juga: Sering Dikonsumsi, Ini 7 Makanan yang Diam-Diam Picu Tekanan Darah Naik
Adapun, selama nataru, sejumlah layanan kereta api jarak jauh menjadi pilihan utama masyarakat karena menghubungkan pusat-pusat aktivitas dan wilayah strategis. Sepuluh kereta api jarak jauh dengan jumlah pelanggan tertinggi meliputi:
1. KA 272 Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi: 33.708 pelanggan
2. KA 271 Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen: 33.157 pelanggan
3. KA 187 Joglosemarkerto relasi Solo Balapan – Semarang Tawang: 31.021 pelanggan
4. KA 193 Joglosemarkerto relasi Solo Balapan – Solo Balapan: 28.074 pelanggan
5. KA 278 Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang: 25.803 pelanggan
6. KA 277 Sri Tanjung relasi Ketapang – Lempuyangan: 25.007 pelanggan
7. KA 274 Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar: 24.483 pelanggan
8. KA 273 Kahuripan relasi Blitar – Kiaracondong: 24.023 pelanggan
9. KA 251 Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen: 23.784 pelanggan
10. KA S7 Rajabasa relasi Kertapati – Tanjungkarang: 23.136 pelanggan
Adapun, progam diskon tarif sebesar 30% masih berlaku hingga 10 Januari 2026 dengan total 1.509.080 tempat duduk yang disiapkan untuk KA Komersial kelas ekonomi.
Selain itu, tersedia juga diskon 25% untuk layanan kereta api jarak jauh untuk keberangkatan 29 Desember 2025 sampai dengan 4 Januari 2026 berbagai kelas, mulai dari Eksekutif, Luxury, hingga Compartment.
Selanjutnya: Segini Ukuran Download FF Advance Server 2025 OB52 APK Android, Cek Link Resminya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News