Keluarga

Ingin Menurunkan Kolesterol dengan Cepat? Konsumsi 10 Buah Penurun Kolesterol Ini

Ingin Menurunkan Kolesterol dengan Cepat? Konsumsi 10 Buah Penurun Kolesterol Ini

MOMSMONEY.ID - Ingin menurunkan kolesterol dengan cepat? Inilah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Selain itu, buah-buahan memang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi berkat kandungan serat larut air atau soluble fiber yang ada di dalamnya.  

Salah satu jenis serat larut air dalam buah-buahan, yakni pektin, bisa membantu menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.  

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! Ini 4 Kebiasaan yang Sebabkan Kolesterol Naik Drastis

Merangkum dari Mayo Clinic, inilah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin, antara lain: 

1. Apel

Buah apel

Sebagai buah penurun kolesterol, apel mengandung pektin terutama pada kulitnya. Pektin akan menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus.  

Serat dari buah ini juga membantu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat.  

Ditambah lagi, apel juga tinggi kandungan vitamin dan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan.  

2. Alpukat

Alpukat

Buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin kedua adalah alpukat.

Ini membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk pencegahan penyakit jantung.  

Buah penurun kadar kolesterol ini juga kaya kandungan glutathione, yakni antioksidan yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.  

Baca Juga: Bisa Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh, Ini 5 Manfaat Terong buat Kesehatan

3. Pir

Buah Pir

Buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin ketiga adalah buah pir. Kandungan serat buah pir lebih tinggi daripada buah apel.

Sama dengan apel, pir kaya kandungan pektin yang mengikat kolesterol dan mengangkutnya ke luar tubuh. Hasilnya, kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh bisa menurun.  

Berkat kandungan zat gizi tersebut, Anda bisa mengonsumsi pir sebagai salah satu pilihan buah penurun kolesterol yang enak dan menyehatkan.  

4. Buah beri

Buah berry

Buah-buahan beri, seperti stroberi, bluberi, dan rasberi, juga tinggi akan kandungan serat pektin yang mengikat kelebihan kolesterol dalam usus halus.  

Sebuah studi dalam jurnal Nutrients (2019) menemukan konsumsi buah beri utuh atau dalam bentuk jus atau ekstrak murni membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.  

Selain itu, buah-buahan beri juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik bagi tubuh.  

Baca Juga: Catat Moms, Ini 4 Buah Murah yang Bisa Menurunkan Asam Urat

5. Anggur

Anggur merah

Anggur juga termasuk ke dalam buah penurun kolesterol. Selain itu, anggur juga baik untuk mencegah gangguan metabolisme tubuh akibat radikal bebas.  

Efek ini dihasilkan oleh antioksidan yang tinggi dalam buah anggur. Antioksidan membantu meningkatkan kolesterol HDLserta menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah.  

Sama dengan buah-buahan lainnya, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kelebihan kolesterol yang terserap dalam usus halus.  

6. Pepaya

Pepaya

Pepaya harganya cukup terjangkau dan mudah ditemukan. Terlebih lagi, buah penurun kolesterol ini tinggi akan antioksidan, seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.  

Berbagai antioksidan dalam pepaya bekerja dengan enzim paraxonase yang akan menghambat terjadinya pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah.  

Pada akhirnya, hal ini dapat mencegah aterosklerosis, yakni penyakit yang muncul saat plak menutupi pembuluh darah arteri Anda.  

Baca Juga: 4 Kebiasaan Makan untuk Mengurangi Risiko Stroke, Kurangi Konsumsi Daging Merah

7. Jambu biji

Jambu Biji

Jambu biji juga menjadi salah satu buah untuk menghilangkan kolesterol jahat (LDL) yang mudah ditemukan di Indonesia.  

Kandungan kalium dan serat larut air dalam buah ini membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.  

Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin dan antioksidan lain yang mampu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.  

8. Jeruk

Jeruk

Jeruk termasuk salah satu buah penurun kolesterol yang kaya akan serat larut air sehingga bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus.  

Buah sitrus ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.  

Tingginya kadar vitamin C dalam buah jeruk juga membantu mencegah kelebihan kolesterol LDL sekaligus mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.  

Baca Juga: Bahaya Kalau Dimakan! Ini 5 Buah Pantangan untuk Penderita Asam Urat

9. Kiwi

Jus mentimun kiwi

Sebuah studi dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition (2009) menemukan buah kiwi membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL dalam tubuh.  

Menurut penelitian tersebut, konsumsi dua buah kiwi setiap hari selama depan minggu membantu kontrol kolesterol dengan baik.  

Buah penurun kolesterol ini juga bisa meningkatkan asupan zat gizi lain yang tubuh Anda butuhkan, seperti serat larut air, vitamin C, dan vitamin E.  

10. Tomat

Jus tomat

Tomat, baik dalam bentuk segar, jus, maupun saus, memiliki kandungan senyawa tumbuhan bernama likopen. Senyawa ini membantu menurukan kadar LDL pada aliran darah.  

Anda dapat dengan mudah menambahkan potongan tomat segar atau saus tomat ke dalam menu masakan sehat untuk pengidap kolesterol tinggi.  

Di samping mengonsumsi buah-buahan di atas, Anda juga perlu rutin minum obat kolesterol untuk mengontrol kadarnya dalam tubuh.  

Itulah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin agar mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News