Santai

Ingin Mengatur Riwayat Tontonan YouTube? Begini Cara Melihat dan Menghapus History

Ingin Mengatur Riwayat Tontonan YouTube? Begini Cara Melihat dan Menghapus History

MOMSMONEY.ID - Riwayat tontonan YouTube Anda adalah cara yang berguna untuk melacak video yang Anda tonton di platform, namun terkadang hal itu dapat mengganggu rekomendasi Anda.

Bagi Anda yang ingin mengatur riwayat tontonan YouTube, Anda dapat menyimak artikel ini.

Ada beberapa cara mengatur riwayat tontonan YouTube yang bisa Anda coba. 

Baca Juga: Hapus Riwayat Pencarian Youtube di iPhone, Begini Caranya

Cara mengatur riwayat tontonan YouTube cukuplah mudah. Mengutip Make Use Of, berikut ini cara mengatur riwayat tontonan YouTube. 

Cara Melihat Riwayat Tontonan YouTube 

Untuk mengelola riwayat tontonan YouTube, Anda harus mengaksesnya terlebih dahulu. Untungnya melakukannya sangat mudah.

Jika Anda menggunakan situs web YouTube, periksa menu di sebelah kiri dan di bawah tab Anda, pilih Riwayat.

Di aplikasi seluler YouTube, opsinya sedikit lebih terkubur. Untuk mengakses riwayat tontonan Anda di aplikasi, pilih tab Anda di bagian bawah layar Anda. 

TECH-SOCIALNETWORKS/

Ini akan membawa Anda ke halaman dengan Riwayat dan Daftar Putar Anda. Untuk mengakses riwayat Anda, pilih tombol Lihat semua di sebelah Riwayat.

Dari halaman ini Anda dapat mengakses berbagai opsi untuk mengelola riwayat Anda, seperti menghapus riwayat atau menjeda riwayat.

Cara Hapus Riwayat Tontonan di YouTube

Terkadang Anda ingin menghapus riwayat tontonan Anda. Anda mungkin ingin melakukan ini karena alasan privasi, tetapi menghapus sesuatu dari riwayat tontonan Anda juga mencegah YouTube merekomendasikan video serupa.

Sekali lagi, prosesnya lebih mudah di situs YouTube. Di sebelah kanan, Anda akan melihat opsi Hapus semua riwayat tontonan. 

Klik ini dan kemudian konfirmasi ke YouTube bahwa Anda ingin mengatur ulang rekomendasi video Anda dan menghapus riwayat tontonan Anda dari semua aplikasi dan perangkat.

Jika Anda hanya ingin menghapus satu video dari riwayat Anda, arahkan kursor ke video tersebut dan pilih ikon X untuk menghapusnya.

Jika Anda menggunakan aplikasi seluler YouTube, Anda perlu mengetuk tiga titik di bagian atas layar dan memilih Hapus semua riwayat tontonan.

Seperti di situs web, Anda perlu mengonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus riwayat Anda dengan memilih opsi Hapus riwayat tontonan lagi.

Untuk menghapus satu video dari riwayat Anda di aplikasi, ketuk tiga titik di samping video dan pilih Hapus dari riwayat tontonan di menu yang muncul.

Baca Juga: Google Hapus Email Tidak Aktif, Begini Cara Menyimpan Akun Gmail yang Tidak Digunakan

Menggunakan opsi ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan rekomendasi YouTube yang tidak relevan. 

Cara Jeda Riwayat Tontonan YouTube

Menjeda riwayat tontonan YouTube Anda memastikan bahwa apa pun yang ingin Anda tonton tidak disimpan dalam riwayat Anda dan digunakan untuk rekomendasi.

Anda juga dapat menggunakannya jika orang lain menggunakan akun Anda untuk menonton video dan Anda tidak ingin video mereka memengaruhi rekomendasi Anda.

Di situs web YouTube, Anda dapat memilih opsi Jeda riwayat tontonan di sebelah kanan layar. Anda perlu mengonfirmasi keputusan Anda dengan memilih Jeda di menu popup. Saat Anda ingin melanjutkan riwayat tontonan Anda, pilih opsi Aktifkan riwayat tontonan. 

Untuk menjeda riwayat tontonan Anda di aplikasi seluler YouTube, pilih tiga titik di bagian atas aplikasi pada laman riwayat Anda. Lalu pilih Jeda riwayat tontonan. 

Baca Juga: Lihat Pengeluaran dalam Setahun, Begini Cara Cek Gojek Wrapped

Setelah Anda mengonfirmasi bahwa Anda ingin menjeda riwayat tontonan Anda, spanduk baru akan muncul di bagian atas laman riwayat yang memungkinkan Anda mengaktifkannya kembali. Gunakan opsi Aktifkan kapan pun Anda ingin riwayat Anda dilanjutkan.

Ada juga opsi untuk menghentikan YouTube melacak aktivitas Anda di situs web dan aplikasi jika Anda tidak ingin YouTube menyimpan riwayat tontonan Anda. Mengelola riwayat Anda cukup mudah selama Anda tahu menu mana yang harus diakses. 

Mudah-mudahan, sekarang Anda memiliki semua informasi yang Anda perlukan untuk menjaga riwayat tontonan YouTube Anda tetap terkelola dan menghapus apa pun yang mengacaukan rekomendasi Anda.

Nah begitulah cara mengatur riwayat tontonan YouTube yang dapat Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News