BisnisYuk

Ingin Makin Cuan Berjualan di Lazada pada Momen Ramadan, Simak Tips Berikut Ini

Ingin Makin Cuan Berjualan di Lazada pada Momen Ramadan, Simak Tips Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi penjual yang ingin mendapatkan lebih banyak keberkahan di bulan Ramadan tahun ini, ada beberapa tips berjualan yang bisa dipraktikan, mulai dari mempelajari performa omzet hingga penerapan layanan bintang lima. 

Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi Laztar Trainer, membagikan enam tips berjualan saat Ramadan yang bisa diterapkan agar bisa mendapat keberkahan dengan memnafatakn platform Lazada. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

Pelajari performa omzet dan produk toko Anda

Gunakan dasbor Seller Center di platform Lazada untuk mengakses fitur Bisnis Analis dan menentukan target dengan tingkat omzet saat ini. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat rekomendasi produk yang cocok untuk dipromosikan di toko Anda, yang dihasilkan dari prediksi analitis berbasis AI yang ada di fitur Bisnis Analis.  

Baca Juga: 5 Keunggulan Internet untuk Bisnis

Gunakan promo dan diskon khusus bulan Ramadan 

Fitur promo dan diskon menjadi daya tarik yang kuat untuk mendorong pembeli check out produk Anda, apalagi dengan penawaran promosi eksklusif selama bulan Ramadan, seperti hampers dan bundling produk. 

Jangan lupa untuk gunakan promo gratis ongkir dan voucher toko yang tersedia di Lazada. 

Perhatikan kebutuhan pembeli dan tren produk di bulan Ramadan 

Bulan Ramadan cocok dijadikan momen berbagi dengan kerabat atau sahabat tercinta. Rika menemukan, bulan Ramadan memicu masyarakat untuk mencari produk-produk yang lekat dengan kata "kebersamaan" seperti takjil dan kurma, "berbagi" seperti parsel, hampers Ramadan, dan sembako. 

Kemudian ada kategori "lebih baik" yaitu kosmetik, pakaian Muslim, peralatan salat, serta perlengkapan rumah tangga. 

Baca Juga: Kiat Sukses Brand Sepatu Lokal Vaia Kembangkan Bisnisnya

Sesuaikan strategi penjualan dengan perilaku belanja konsumen 

Setelah Anda mengetahui produk apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, pastikan sesuaikan strategi seiring dengan perubahan tanggal selama bulan Lebaran. 

Misalnya, di minggu pertama, Anda fokus untuk mempromosikan kategori fesyen seperti gamis atau baju koko, kemudian di minggu kedua fokus untuk mempromosikan kategori elektronik seperti ponsel hingga laptop. 

Targetkan promosi untuk produk terlaris Anda di minggu-minggu terakhir jelang Lebaran untuk performa penjualan yang lebih baik mengingat adanya pencairan Tunjangan Hari Raya (THR). 

Fokus pada penjualan produk populer di toko Anda dan produk yang tren di masa Ramadan 

Lebih baik fokus menerapkan strategi untuk produk yang populer demi memaksimalkan keuntungan. Untuk mempromosikan produk populer tersebut, Rika merekomendasi empat langkah.

Yakni, gunakan fitur promosi kampanye Lazada, memasang harga yang kompetitif, pastikan stok produk cukup untuk menjawab kebutuhan konsumen, dan tingkatkan minat konsumen dengan diskon dan fitur gratis ongkir. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Telegram, Ini Ide untuk Hasilkan Cuan

Terapkan layanan bintang lima bagi pembeli

Selama bisa menjaga layanan toko yang konsisten dan memuaskan, Anda bisa mendapatkan loyalitas dari pelanggan. Rika menerapkan 4 Langkah Service Bintang 5. 

Langkah yang dimaksud adalah memiliki customer service yang responsif, pastikan pengiriman dan penanganan pesanan yang cepat, ajak pembeli untuk aktif memberi saran untuk brand, dan terus menjaga interaksi dengan pembeli agar tidak gampang lupa dengan brand Anda. 

Selanjutnya: Apexindo (APEX) Lanjutkan Konversi Utang, Harga Pelaksanaan Jauh di Atas Pasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News