Bugar

Ibu Hamil Harus Tahu, Ini Pentingnya Zat Besi Selama Kehamilan

Ibu Hamil Harus Tahu, Ini Pentingnya Zat Besi Selama Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Kehamilan adalah periode penting yang memerlukan perhatian khusus terhadap nutrisi, salah satunya adalah zat besi. Lantas, apa pentingnya zat besi selama kehamilan sebenarnya?

Zat besi merupakan mineral esensial yang memainkan peran krusial dalam membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh dan mengembalikannya dengan karbon dioksida.

Selama kehamilan, kebutuhan akan zat besi meningkat secara signifikan, menjadikan asupan zat besi yang cukup sebagai salah satu kunci utama untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Menyadur dari Hello Sehat, inilah alasan pentingnya zat besi selama kehamilan:

1. Mendukung pertumbuhan janin dan plasenta

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan lebih banyak zat besi untuk mendukung pertumbuhan janin, plasenta, dan untuk meningkatkan volume darah. Zat besi memastikan pasokan oksigen yang cukup untuk bayi yang sedang berkembang dan membantu dalam pembentukan jaringan baru.

Kekurangan zat besi pada ibu hamil telah dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat lahir dan berat badan lahir rendah.

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil, Hindari Retinol!

2. Pencegahan anemia

Kekurangan zat besi adalah penyebab umum anemia pada ibu hamil. Anemia dapat membuat ibu hamil merasa lelah dan lemah, dan dalam kasus yang serius, dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.

Zat besi juga memainkan peran dalam mempersiapkan ibu untuk kehilangan darah yang wajar selama proses persalinan. Dengan cadangan zat besi yang cukup, risiko komplikasi akibat kehilangan darah berlebih dapat diminimalisir.

3. Menjaga sistem imun

Zat besi memiliki peran penting dalam menjaga sistem imun. Ibu hamil yang kekurangan zat besi mungkin lebih rentan terhadap infeksi, yang dapat menimbulkan risiko bagi kehamilan.

Baca Juga: Batasi Makanan Ini Untuk Mengurangi Risiko Keguguran!

Sumber zat besi yang baik untuk ibu hamil

Daging, telur, dan hati ayam merupakan sumber nutrisi yang kaya, termasuk zat besi, dan mudah ditemukan di berbagai tempat. Sebagai contoh, 100 gram daging sapi mengandung sekitar 2,6 mg zat besi, sedangkan 100 gram telur ayam mengandung sekitar 1,8 mg zat besi.

Zat besi dalam jumlah yang lebih tinggi dapat ditemukan dalam hati ayam, di mana setiap 85 gram hati ayam mengandung hingga 11 mg zat besi, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi wanita hamil.

Untuk sayuran, bayam, kacang panjang, dan daun bawang direkomendasikan karena kandungan zat besi yang tinggi. Bayam terkenal dengan kandungan zat besinya yang mencapai sekitar 2,7 mg per 100 gram, yang merupakan jumlah yang signifikan dibandingkan dengan kacang panjang yang hanya memiliki 0,5 mg zat besi per 100 gram.

Baca Juga: Bahaya! Ini Risiko yang Dihadapi Bila Ibu Hamil Kekurangan Hemoglobin

Berbagai buah juga merupakan sumber zat besi yang baik, termasuk kurma, stroberi, apel, dan semangka. Kurma, misalnya, mengandung sekitar 1 mg zat besi per 100 gram. Stroberi, apel, dan semangka masing-masing menyediakan 0,3 mg, 0,1 mg, dan 0,24 mg zat besi per 100 gram.

Buah-buahan ini tidak hanya kaya akan mineral penting tapi juga serat dan vitamin C, yang mendukung sistem imun yang sehat. Selain kandungan mineralnya, buah-buahan ini juga kaya akan serat dan vitamin C yang esensial untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, itulah pembahasan terkait pentingnya zat besi selama kehamilan. Mencukupi kebutuhan zat besi selama hamil adalah kewajiban. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan sumber zat besi yang sudah diuraikan di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News