Keluarga

Ini Alasan Kenapa Tidur Penting bagi Kesehatan Ibu Hamil

Ini Alasan Kenapa Tidur Penting bagi Kesehatan Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Memiliki kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya. 

Melansir Sleep Foundation, untuk ibu jika kurang tidur bisa menyebabkan kelelahan dan rasa kantuk sepanjang hari. Selain itu tidur juga memegang peranan penting untuk ingatan, belajar, selera, suasana hati dan membuat keputusan. 

Baca Juga: Tak Banyak Berubah dari Hari Ini, Berikut Ramalan Cuaca Besok untuk Yogyakarta

Nah, hal-hal di atas tentu sangat penting dalam masa persiapan melahirkan sang buah hati. 

Nah kurang tidur kronis memberikan dampak buruk pada sistem kekebalan tubuh. Beberapa peneliti percaya bahwa ini mungkin menjadi salah satu alasan kenapa kurang tidur memberikan dampak signifikan bagi ibu dan janin. 

Sementara itu tidur sangat membantu mengatur gula darah. Maka kurang tidur kerap dikaitkan dengan diabetes melitus gestasional. 

Baca Juga: Nasabah Prudential Bisa Maksimalkan Manfaatkan Pengobatan Kanker Payudara

Penelitian menunjukan bahwa ibu hamil yang terlalu banyak atau kurang tidur di awal kehamilan juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi selama trimester tiga kehamilan. 

Kurang tidur yang parah di awal kehamilan juga bisa menyebabkan risiko preeklampsia, kondisi yang bisa menyebabkan kelahiran prematur dan komplikasi jangka panjang pada ginjal, jantung dan organ lainnya. 

Jadi kekurangan tidur atau kurangnya kualitas tidur yang buruk bisa merupakan faktor risiko terjadinya kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, nyeri persalinan, operasi sesar, dan depresi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News