Santai

Hindari Antrean saat Long Weekend, Pengguna Ferry Diimbau Beli Tiket Sejak Jauh Hari

Hindari Antrean saat Long Weekend, Pengguna Ferry Diimbau Beli Tiket Sejak Jauh Hari

MOMSMONEY.ID - Masyarakat Indonesia akan menyambut long weekend sejak Kamis (9/5) hingga Minggu (12/5). Bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan ferry, PT ASDP Indonesia Ferry mengimbau pengguna jasa agar membeli tiket sejak jauh hari.

Khususnya, yang akan bepergian menggunakan ferry di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk 

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menjelaskan, ini melihat adanya tren kenaikan volume penumpang dan kendaraan mengingat libur panjang hingga akhir pekan. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui melalui aplikasi ataupun mitra resmi Ferizy.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan keberangkatan sejak jauh hari, pastikan telah bertiket sebelum berangkat, dan tiba di pelabuhan sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket," ujar Shelvy dalam keterangan tertulis, Selasa (8/5).

Berdasarkan data Cabang Merak pada Maret atau periode sebelum Lebaran, jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang saat weekday sebanyak 6.066 unit per hari atau turun sebesar 2% dibanding Maret 2023 sebesar 6.164 per hari.

Sedangkan di akhir minggu, terdapat  7.257 unit per hari atau naik sebesar 5% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebanyak 6.932 unit per hari.

Jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang pada Angkutan Lebaran 2024 disaat weekday sebanyak 11.992 per hari, sedangkan disaat weekend sebanyak 14.511 per hari.

Baca Juga: Cek Daftarnya! Inilah Obat Tradisional untuk Asam Urat yang Bisa Anda Coba

Shelvy menjelaskan, dari data layanan angkutan lebaran lalu, dari 8 lintasan terjadi kenaikan hingga 5% dan volume tertinggi terjadi di lintasan utama Merak-Bakauheni.

Belajar dari layanan saat lebaran lalu, ASDP pun berupaya  menjaga kapasitas terpasang agar dapat melayani seluruh pengguna jasa, dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana penyeberangan.

"Tentunya, kerjasama dari masyarakat sangat penting, untuk tertib bertiket, dan mengatur jadwal keberangkatan maupun kepulangan," jelas Shelvy.

Lintasan Merak-Bakauheni pun  potensial untuk dipadati kendaraan menyusul akses jalan tol Trans Sumatera dan bertumbuhnya kawasan pariwisata mulai dari wilayah Lampung Selatan yang terdapat Kawasan Bakauheni Harbour City.

Menjamurnya titik-titik wisata baru mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan darat menuju Pulau Sumatera.

Karenanya, ASDP memastikan untuk terus melakukan peningkatan kapasitas pelabuhan dan kapal di Pelabuhan Merak, di mana lokasi parkir tampung di Pelabuhan Merak diperluas sehingga kapasitas yang tersedia sebanyak 36.825 unit kendaraan kecil.

Diikuti Pelabuhan Bakauheni yang mampu menampung hingga 38.218 unit kendaraan kecil.

Tiket ferry yang tersedia pun sudah disesuaikan kapasitas pelabuhan dan kapal. Dengan demikian, pembelian tiket kapal ferry sejak jauh hari dapat membantu ASDP memantau jumlah pengguna jasa maupun kendaraan yang masuk ke pelabuhan sesuai kapasitas pelabuhan dan kapal yang tersedia.

Selanjutnya: Libra Waspada Pencurian! Ramalan Zodiak Libra, Scorpio, dan Sagitarius 6-12 Mei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News