Santai

Long Weekend, KAI Sediakan 739.782 Tempat Duduk

Long Weekend, KAI Sediakan 739.782 Tempat Duduk

MOMSMONEY.ID - Pekan ini masyarakat akan kembali menikmati long weekend mulai Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5). Untuk melayani penumpang pada periode ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan 739.782 tempat duduk.

Jumlah tersebut berasal dari 1.509 kereta api yang dioperasikan, terdiri dari 1.101 KA Jarak Jauh dan 408 KA Lokal.

Ada juga penambahan 6 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi dibanding dengan pekan sebelumnya yakni Rabu (1/5) hingga Minggu (5/5). KA-KA yang ditambah adalah 4 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir - Cirebon pp dan 2 perjalanan KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir - Bandung pp.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Mei 2024.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” kata Joni dalam keterangan tertulis, Selasa (7/5).

Baca Juga: Ingin Traveling Sendiri? Manfaatkan 5 Fitur iPhone Membantu Perjalanan

Adapun, KAI mencatat, pada Selasa (7/5), total tiket kereta api yang terjual pada Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5) yaitu sebanyak 439.433 tiket atau rata-rata 87.887 tiket per hari.

Jumlah tersebut telah mencapai 59% dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual dan angka penjualan tiket masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend.

KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Joni menambahkan, sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend  adalah Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Malang pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, Blitar - Bandung pp, dan relasi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News