Keluarga

Hati-hati! Jangan Tanam 8 Pohon ini di Rumah!

Hati-hati! Jangan Tanam 8 Pohon ini di Rumah!

MOMSMONEY.ID - Jangan menanam 8 pohon ini di halaman rumah Anda! Meski menanam pohon di dekat rumah banyak manfaat, namun jenis pohon tertentu bisa membuat properti Anda rusak!

Jika Anda pecinta tanaman, tentu menanam pohon dan melihatnya tumbuh dari waktu ke waktu adalah hal yang menyenangkan. Namun tidak semua jenis pohon baik untuk ditanam di halaman rumah. 

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian 19 Juni Kompak Naik, Antam Naik Rp 7.000, UBS Naik Rp 8.000

Anda harus bisa memilih jenis pohon apa yang bisa ditanam di halaman rumah dan pohon apa yang jangan ditanam di rumah. Beberapa pohon bisa menyebabkan kerusakan seperti tanaman yang terlalu menyedot air sehingga tanah di sekitarnya menyusut. 

Melansir Homes and Gardens, berikut beberapa jenis pohon yang sebaiknya jangan dianam di rumah

Pohon Weeping Willow
Pohon Weeping Willow

Pohon ini juga dikenal dengan naman Pohon Babylon Willow atau Janda Merana (Salix babylonica). Jangan tanam pohon ini di rumah karena pohon ini memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dan sistem akar yang luas.

Akar pohon ini bisa tumbuh hingga tiga kali panjang pogon dan bisa menyerang saluran pipa bawah tanah. Jadi saluran pembuangan Anda bisa rusak seiring waktu berlalu.

Tanaman ini memang menarik untuk ditanam di halaman rumah. Sifat daunnya yang rimbun bisa membuat rumah jadi sejuk terhindar cahaya matahari. Namun seking rimbunnya, pohon ini bisa memengaruhi pertumbuhan tanaman lain di dekatnya. 

Pohon Oak
Pohon Oak atau yang dikenal dengan pohon ek alias pohon asem buto ini memang cukup langka di Indonesia. Namun, jika Anda berniat menanam pohon ini di halaman rumah, sebaiknya jangan. 

Pohon ek adalah jenis pohon yang bisa tumbuh sangat tinggi. Jadi ini bukan ide yang bagus untuk menanam di rumah. Pohon ek bisa mengganggu pertumbuhan tanaman di sekitarnya. 

Selain itu pohon ek juga memiliki pertumbuhan akar yang sangat luas. Sehingga bisa merusak pondasi rumah. Lebih lanjut, pohon ini terkenal sebagai pohon yang menyerap banyak air. 

Baca Juga: 12 Buah Bisa Ditanam di Dalam Rumah, Jadi Tanaman Hias Indoor

Pohon Cemara Kipas
Pohon Cepara Kipas ini dalam bahasa Inggris disebut pohon Leyland Cypress. Memiliki pohon ini di halaman rumah sangat memberikan nilai praktis bagi Anda yang beragama nasrani. 

Anda tidak lagi membutuhkan pohon natal buatan untuk dihias. Namun apakah ini benar-benar pilihan yang praktis?

Jenis pohon ini termasuk pohon yang disarankan untuk tidak ditanam di halaman rumah. Alasan utamanya pohon ini bisa tumbuh tinggi dengan sangat cepat dan sulit dikendalikan. 

Pohon Pir Bradford
Pohon Pir Bradford ini memiliki nama latin Pyrus Calleryana. Ini adalah pohon yang berasal dari Cina dan Vietnam. Pohon ini sangat populer digunakan sebagai tanaman hias di Amerika Utara.

Pohon pir ini memiliki buah yang sangat kecil dan tidak bisa dikonsumsi manusia. Daya tarik pohon pir ini terletak pada warna daunnya. Namun meski membuat halaman rumah jadi indah, jangan menanamnya di dekat rumah. 

Pohon pir ini memiliki sifat ekspansif. Tanaman bisa tumbuh dengan sangat cepat setinggi 15 meter dan membuat rumah terasa gelap karena daunnya yang rimbun membentuk kanopi saat sudah menjulang tinggi. 

Selain itu bau bunga pohon pir tidak begitu harum. Bau bunga ini kerap dibandingkan dengan bau ikan busuk.

Pohon Ash
Pohon ini bernama latin Fraxinus ini banyak tumbuh di Amerika Utara, Prancis, Cina, Pakistan, India dan Afganistan. Pohon ini bisa digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah. 

Jangan menanam pohon ini di dekat rumah meski bermanfaat sebagai tanaman obat. Pohon ini sangat cepat tumbuh bahkan akarnya bisa mencapai 9 meter dan akan menjalar mendekati sumber air dan merusak saluran pembuangan. 

Baca Juga: 11 Bunga Berbau Vanila yang Harum dan Manis, Cocok Dijadikan Wewangian

Pohon Persia Sutra
Pohon ini juga dikenal dengan nama pohon Akasia Sutra (Silk Acacia) atau Mimosa. Pohon ini memiliki daun seperti pakis dengan bunga berwarna merah muda mirip bunga putri malu. 

Pohon Persia sutra ini memiliki sifat invasif. Sekali Anda menanamnya, pohon ini bisa menumbuhkan ratusan polong biji yang berkecambah di sembarang tempat di halaman rumah Anda. Selain itu, tanaman ini sangat menarik bagi kupu-kupu dan lebah. 

Pohon beringin
Pohon yang terkenal angker ini sebaiknya jangan di tanam di halaman rumah. Apalagi jika Anda hanya memiliki lahan terbatas. 

Pohon beringin adalah jenis pohon yang bisa tumbuh sangat besar dan tinggi. Pohonnya juga rimbun sehingga selain membuat teduh, ini membuat kelembapan udara di rumah jadi meningkat. 

Selain itu pohon beringin sulit ditebang. Sehingga banyak yang membiarkannya menua dan akhirnya malah roboh dan merusak rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News