Keluarga

Hati-hati! Ini 7 Kebiasaan Makan yang Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut

Hati-hati! Ini 7 Kebiasaan Makan yang Bisa Sebabkan Kerontokan Rambut

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, ada banyak kebiasaan makan yang ternyata bisa menyebabkan kerontokan rambut hingga melambatnya laju pertumbuhan rambut, lho!

Untuk tahu apa saja kebaiasaan makan yang dimaksud, mari simak artikelnya yang berikut ini!

Diet ekstrim

Melakukan diet ketat dapat menyebabkan kerontokan rambut. Diet ketat berupa pembayaran asupan kalori sama artinya dengan mengurangi berbagai nutrisi penting yang harus dikonsumsi tubuh.

Baca Juga: Sering Garuk Kepala? Yuk Tiru Tips Bikin Ketombe Hilang Permanen

Diet mediterania

Praktik diet ekstrim dapat memicu kerontokan rambut yang disebut telogen effluvium.

Berdasarkan sebuah penelitian, para peserta yang melakukan diet ekstrim mengalami kerontokan rambut sebesar 25% - 50% selama 2 bulan lebih.

Konsumsi makanan manis berlebihan

Makanan manis yang dikonsumsi berlebihan bukan cuma akibatkan kadar gula darah yang tinggi, tapi juga peradangan hingga kerontokan rambut.

Folikel rambut, dilansir dari only my heart, akan mengalami androgenetic alopecia, yakni kondisi kerontokan rambut. Hal ini dikuatkan oleh sebuah penelitian dalam jurnal MDPI ‘Nutrients’ yang menemukan hubungan antara minuman manis dengan kebotakan pada pria.

Baca Juga: 5 Metode Memasak Makanan yang Bikin Gizi Tak Hilang Saat Dimasak

Kelebihan Vitamin A atau Selenium

Beras merah

Sama seperti kekurangan vitamin & mineral, terlalu berlebihan pun dapat sebabkan kerontokan rambut.

Dikutip dari Vegamour, Vitamin A (retinol) adalah vitamin yang larut dalam lemak & dapat mendukung kesehatan rambut & mata.

Adapun selenium yang sering terdapat pada kuaci & beras merah jika berlebihan dikonsumsi, maka akan sebabkan kerontokan rambut.

Baca Juga: 5 Food Combining yang Sehat dan Cocok Dikombinasikan dengan Daging

Diet rendah protein

Tubuh manusia memproduksi keratin untuk menumbuhkan helaian-helaian rambut. Agar ini bisa berlangsung, maka tubuh butuh protein dari makanan yang dibutuhkan folikel rambut.

Namun jika melakukan diet rendah protein, maka otomatis kadar protein dalam tubuh akan berubah drastis. Akibatnya, Anda akan mengalami kerontokan rambut hingga tekstur rambut yang semakin tipis.

Konsumsi makanan bermerkuri tinggi

NEW-YEAR/JAPAN-TUNA-AUCTION

Makanan bermerkuri nyatanya bisa jadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Biasanya, makanan bermerkuri tinggi didapat dari makanan laut seperti tuna, kerang-kerangan, hingga makarel.

Baca Juga: Kenapa Bayam yang Menghitam Sebabkan Racun? Ini 5 Tips Menghindarinya

Makanan tinggi kadar glikemik

Melansir Manipal Hospital, makanan tinggi glikemik akan mudah terurai menjadi gula. Tentu ini akan membahayakan kesehatan, terutama pada proses pertumbuhan rambut.

Peningkatan konsumsi gula akan sebabkan kadar insulin & androgen yang meningkat, membuat rambut jadi mudah rontok & sulit tumbuh.

Beberapa makanan tinggi glikemik di antaranya ada pasta dan roti putih.

Kekurangan zat besi & seng

Rambut rontok

Baca Juga: 5 Cara Agar Rambut Tetap Rapi Setelah Menggunakan Helm, Menarik Dicoba!

Zat besi & seng yang rendah menyebabkan rambut rontok & menghambat pertumbuhan rambut dengan mendistribusikan kembali pasokan zat besi tubuh dari folikel rambut.

Di sisi lain, seng sangat penting untuk kesehatan folikel rambut & mencegah ukuran folikel mengecil yang bisa memperlambat laju pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian yang dikutip Svenson menunjukkan bahwa orang yang memiliki rambut rontok ternyata memiliki kadar zinc atau seng yang lebih rendah daripada umumnya.

Itulah berbeagai kebiasaan makan yang sebabkan kerontokan rambut. Berhati-hatilah dan konsumsi gizi seimbang secukupnya saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News