InvesYuk

Harga Emas Spot Melandai, Pasar Antisipasi Sikap Hawkish The Fed

Harga Emas Spot Melandai, Pasar Antisipasi Sikap Hawkish The Fed

MOMSMONEY.ID - Harga emas hari ini lanjut turun, karena pasar bersiap untuk nada hawkish dari bank sentral AS atau Federal Reserves. Data ekonomi di negeri Uncle Sam yang panas, semakin melemahkan harapan The Fed akan segera beralih ke pelonggaran moneter.

Mengutip Bloomberg, Rabu (1/5) pukul 12.00 WIB, harga emas spot diperdagangkan di level US$ 2.284,61 per troi ons, turun tipis dari penutupan kemarin US$ 2.286,25 per troi ons.

Hari ini, emas diperdagangkan di bawah US$ 2.300 pada sesi Asia, setelah kemarin ditutup turun tajam 2,1%. Investor fokus pada data yang menunjukkan percepatan dalam biaya tenaga kerja AS pada kuartal pertama. Laporan itu memperkuat pesismisme bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan memberikan nada yang lebih hawkish dalam pengumuman keputusan suku bunganya pada Rabu.

Pasar swap memperkirakan bahwa hanya satu kali penurunan suku bunga pada tahun ini, turun dari tiga kali yang ditargetkan oleh The Fed pada Deember lalu. Suku bunga yang lebih tinggi biasanya berdampak negatif bagi emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Di sisi lain, indeks dollar AS melonjak tertinggi dalam lebih dari dua minggu. Greenback yang lebih kuat menyebabkan emas lebih mahal bagi sebagian besar pembeli non-dollar.

Baca Juga: Produsen Perhiasan Emas Hartadinata (HRTA) Tebar Dividen, Pantau Jadwalnya!

Meski melandai, namun tahun ini sejatinya harga emas masih naik lebih dari 10% di tengah kuatnya permintaan dari pasar Asia, terutama China, serta konflik di Timur Tengah dan Ukraina. Permintaan dari bank sentral juga mencatat rekor awal tahun yang terkuat sepanjang kuartal pertama, menurut World Gold Council.

Di domestik, harga emas fisik besutan PT Antam Tbk juga melandai. Mengutip logammmulia.com, hari ini, harga emas Antam pecahan 1 gram turun Rp 15.000 menjadi Rp 1,310 juta.

Dari puncak tertingginya Rp 1,347 juta yang dicetak 21 April lalu, harga emas Antam sudah melorot sebesar Rp 37.000.

Adapun harga beli kembali alias buyback emas Antam dipatok Rp 1,204 juta, turun Rp 17.000 dibandingkan harga kemarin. Ini adalah acuan harga apabila Anda menjual emas Antam pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News