MOMSMONEY.ID - Setiap generasi rupanya memiliki cara berwisata yang berbeda-beda. Berdasarkan data terbaru dari Airbnb, ada perbedaan pola perjalanan antara Gen Z, Milenial dan Gen X, mulai dari pilihan hingga cara mereka menikmati perjalanan.
Meski begitu, di berbagai kelompok usia, Jepang tetap jadi salah satu destinasi yang paling banyak dicari.
Berdasarkan data internal pencarian Airbnb yang dilakukan pada kuartal II 2025 untuk periode perjalanan 1 September hingga 30 November 2025, tamu asal Indonesia juga cenderung menginap lebih lama dengan durasi perjalanan yang umumnya sekitar empat hari, lebih panjang dibandingkan negara Asia lain yang sebanyak 2 hari-3 hari.
Meski begitu, setiap generasi memiliki keinginan yang sama untuk merasakan pengalaman lokal yang autentik. Baik itu Gen Z yang berpetualang sendiri, Milenial yang merencanakan liburan keluarga, maupun Gen X yang mencari ketenangan, para wisatawan Indonesia disatukan oleh kecintaan mereka terhadap bepergian.
“Perjalanan adalah sesuatu yang sangat personal, dan yang menarik adalah melihat bagaimana tamu asal Indonesia melakukan perjalanan yang mencerminkan diri mereka dan hal-hal yang penting bagi mereka,” ujar Amanpreet Bajaj, Country Head Airbnb Asia Tenggara dan India dalam keterangan tertulis, Jumat (28/11).
Baca Juga: Ruas Jalan Tol yang Dapat Diskon Khusus Libur Natal dan Tahun Baru
Nah, simak pola perjalanan tiap generasi:
- Gen Z
Para wisatawan muda Indonesia semakin mengandalkan media sosial, rekomendasi teman, dan ulasan online sebagai sumber inspirasi atau cara menemukan destinasi wisata.
Berdasarkan data internal pencarian Airbnb yang dilakukan pada kuartal II 2025 untuk periode perjalanan 1 September-30 November 2025, dibandingkan dengan pencarian pada kuartal II 2024 untuk periode perjalanan 1 September-30 November 2024, pencarian akomodasi Airbnb oleh Gen Z meningkat lebih dari 25% dibandingkan tahun sebelumnya.
Data juga menunjukkan tingginya minat terhadap perjalanan yang autentik dan kaya akan budaya. Destinasi yang paling banyak dicari oleh Gen Z adalah Magelang dan Jawa Timur untuk perjalanan domestik, Dubai (Uni Emirat Arab), dan Sa Pa (Vietnam) untuk perjalanan internasional.
- Generasi Milenial
Bagi generasi milenials, berlibur jadi salah satu cara untuk berkoneksi dan meciptakan memori bagi keluarga. Terlebih generasi ini maskin banyak yang memasuki fase kehidupan yang melibatkan karier, pernikahan, dan keluarga.
Berdasarkan data internal pencarian Airbnb yang dilakukan pada kuartal II 2025 untuk periode perjalanan 1 September-30 November 2025, dibandingkan dengan pencarian di periode yang sama sebelumnya, Tokyo, Osaka, Roma, Florence, dan Bangkok menjadi destinasi yang paling banyak dicari oleh generasi Milenial. Ini mencerminkan preferensi mereka terhadap perjalanan yang menawarkan perpaduan budaya, kenyamanan, dan pengalaman ramah keluarga.
Rencana perjalanan mereka pun dirancang untuk menghadirkan pengalaman bersama, memastikan setiap anggota keluarga dapat berpartisipasi dan menciptakan kenangan yang berkesan bersama.
- Generasi X
Lain lagi bagi Gen X yang menganggap bahwa inti dari perjalanan adalah kesederhanaan dan nilai sentimental. Daripada mengejar itinerary yang padat, generasi ini lebih mencari liburan yang bermakna dan memulihkan diri.
Dari data internal pencarian Airbnb pada kuartal II 2025 periode perjalanan 1 September-30 November 2025 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, destinasi yang paling banyak dicari oleh Gen X adalah Roma (Italia) dan Lourdes (Prancis), tempat-tempat yang kaya akan sejarah, spiritualitas, dan keindahan alam.
Wisatawan Gen X lebih memilih pengalaman bermakna dengan keseimbangan antara eksplorasi dan relaksasi, mencerminkan apresiasi terhadap momen-momen tenang di dunia.
Selanjutnya: Tokopedia & TikTok Shop Latih 200 UMKM Banjarnegara Bikin Konten lewat Creators Lab
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News