Santai

Ganggu Mental, Ini 4 Efek Samping Ghosting bagi Kesehatan Mental

Ganggu Mental, Ini 4 Efek Samping Ghosting bagi Kesehatan Mental

MOMSMONEY.ID - Jadi salah satu fenomena populer di dunia kencan, kenali efek samping ghosting yang berpengaruh pada kesehatan mental.

Ghosting merupakan sebuah fenomena dalam dunia kencan di mana seseorang yang terbiasa menjalin hubungan romantis atau dekat tiba-tiba saja memutus seluruh jenis komunikasi yang dimiliki dengannya tanpa ada alasan.

Tidak ada kepastian hubungan dalam fenomena ghosting ternyata membawa efek buruk bagi kesehatan mental.

Apa saja kah efeknya? Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga: Yuk, Kenali Fenomena Ghosting yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

Hilang rasa percaya diri

Laman Psychology Today menyebutkan, ghosting akan memberikan efek yang serius terhadap mental seseorang.

Penolakan sosial yang diterima oleh seseorang yang di-ghosting ternyata memiliki efek yang dapat menimbulkan efek sakit secara mental yang sama seperti sakit secara fisik. Salah satunya adalah kehilangan rasa percaya diri.

Dari situ korban ghosting akan mulai berfokus pada mencari tahu kesalahan diri sendiri, yang tentu saja tak bisa ditemukan dan membuatnya mengalami gangguan emosi.

Menyalahkan diri sendiri

Korban ghosting kerap kali mengalami hal ini setelah ditinggal oleh orang tanpa alasan. Menyalahkan diri sendiri jadi salah satu pemicu gangguan mental seperti depresi.

Korban ghosting akan merasakan beberapa emosi dan berandai-andai seperti “jika saja saya lebih cantik, jika saja saya lebih pintar, jika saja saya lebih pengertian, maka saya tidak akan dighosting”.

Padahal, kebanyakan masalah sesungguhnya ada pada seseorang yang melakukan ghosting, bukan pada korbannya.

Baca Juga: Hindari Curving, Tren Hubungan Lebih Kejam dari Ghosting

Menimbulkan obsesi

Efek buruk lainnya yang mungkin terjadi pada korban ghosting adalah bisa memicu munculnya obsesi. Obsesi ini muncul lantaran adanya penolakan yang tidak beralasan dari seseorang pada korban ghosting.

Melansir dari laman Online Psychology Degree, korban ghosting akan merasa jengkel, marah, tidak dihormati, dan merasa melakukan sesuatu kesalahan sehingga membuat mereka ditinggalkan tanpa alasan.

Banyaknya pertanyaan mengenai hal tersebutlah akhirnya membuat munculnya obsesi pada orang meninggalkan mereka.

Trauma

Ketika seseorang sudah sering kali mengalami ghosting, maka lama-kelamaan perasaan mati rasa bisa saja muncul. Hal tersebut disebabkan oleh trauma yang dialami oleh korban ghosting.

Laman Forbes Health menjelaskan, ghosting bisa mencuri kesempatan seseorang untuk memproses healing.

Kurangnya komunikasi pada korban dari pelaku ghosting bisa membuat seseorang mempertanyakan kualitas diri sendiri, apakah ada kesalahan yang dilakukan, dan apakah orang tersebut benar-benar menyukai mereka.

Tidak ada komunikasi atau penjelasan bisa membuat korban ghosting trauma dan mengalami beberapa emosi seperti depresi dan anxiety.

Nah, itulah tadi beberapa efek buruk ghosting pada kesehatan mental korbannya. Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada baiknya untuk mulai berkomunikasi dan memberikan penjelasan daripada melakukan ghosting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News