Santai

Fitur iOS yang Belum Dimiliki Android, Apa Saja?

Fitur iOS yang Belum Dimiliki Android, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Apple memiliki terobosan setiap saat. Ada beberapa fitur iOS yang belum dimiliki Android.

Meskipun Android memiliki fitur tersendiri, iOS juga tidak mau ketinggalan. Beberapa fitur iOS yang belum dimiliki Android tidak akan Anda jumpai di ponsel berbasis Android.

Lalu, apa saja fitur iOS yang belum dimiliki Android? Nah, simak artikel berikut ini. 

Baca Juga: 7 Fitur Baru iOS 17.2 yang Makin Canggih, Bisa Aktifkan Video Spasial

1. AirPlay 

AirPlay adalah salah satu fitur terbesar yang masih belum dimiliki perangkat Android. Karena AirPlay adalah protokol kepatutan yang dikembangkan Apple, kami tidak mengharapkannya untuk hadir di Android selamanya.

Meskipun beberapa aplikasi pihak ketiga di Google Play Store memungkinkan Anda melakukan streaming konten audio dan video secara nirkabel dari ponsel cerdas Anda, tidak ada yang bisa menandingi solusi bawaan ini.

Inilah sebabnya, kami ingin Google memecahkan kode tersebut dan menghadirkan fungsi serupa ke perangkat Android secara asli.

Pada tahun 2020, Google berhasil menghadirkan fungsi mirip AirDrop yang disebut Berbagi Terdekat ke perangkat Android 11. Jadi, tidak heran jika perusahaan sedang mengerjakan sesuatu yang mirip dengan AirPlay untuk platform Android.

2. FaceTime

FaceTime adalah layanan panggilan video Apple yang disertakan di perangkat iOS, iPadOS, dan macOS. Berkat kesederhanaan dan fungsionalitasnya yang lancar, FaceTime sangat populer di kalangan pengguna Apple.

Sisi baiknya, pengguna Android masih dapat bergabung dengan panggilan FaceTime dari perangkat mereka berkat fungsionalitas FaceTime di web Apple.

Namun, Anda tetap memerlukan teman yang memiliki perangkat Apple untuk benar-benar memulai panggilan dan membagikan tautan kepada Anda.

Perangkat Android memiliki akses ke fitur panggilan video bawaan serupa dalam bentuk Google Duo, namun fitur ini tidak begitu populer, karena sebagian besar pengguna mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk panggilan video.

Oleh karena itu, kami berharap, Apple akan menghadirkan aplikasi FaceTime ke perangkat Android suatu saat nanti.

3. iMessage

Layanan iMessage Apple adalah salah satu alasan terbesar sebagian besar pengguna iPhone ragu untuk beralih ke perangkat Android. Jika lingkaran pertemanan Anda sebagian besar adalah pengguna Apple, beralih ke ponsel Android berarti merasa tersisih dari grup iMessage.

Pengguna Android mungkin sudah merasakan FaceTime melalui fungsi webnya, tetapi tidak seperti layanan panggilan video, iMessage mungkin tidak akan pernah muncul di perangkat Android—setidaknya secara resmi.

Mengapa? Karena Apple tahu mereka mendatangkan banyak pengguna ke ekosistemnya.

Baca Juga: Cara Buat Stiker Pakai Foto di iPhone Tanpa Perlu Menggunakan Aplikasi Tambahan

4. Live Text

Ketika Apple pertama kali memperkenalkan Live Text bersama iOS 15, pengguna Android dengan cepat menunjukkan bahwa Google Lens memiliki fungsi ini cukup lama dan bahwa Apple terlambat untuk memainkannya.

Namun, tak lama kemudian, Apple membawa Live Text ke level berikutnya dengan menghadirkan fungsi deteksi teks yang sama ke video. Betapa kerennya itu?

Anda dapat menjeda video apa pun di Safari atau app Foto untuk menyalin konten teks dengan cepat ke papan klip iOS Anda. Fitur Teks Langsung dalam video dapat berguna saat Anda ingin menyalin catatan dari kuliah online, tutorial, dan lainnya.

Meskipun demikian, Anda memerlukan iPhone XS, iPhone XR, atau versi lebih baru untuk memanfaatkan fitur ini.

5. Pencarian Visual

Pencarian Visual adalah fitur lain yang cara kerjanya mirip dengan Google Lens dalam arti Anda dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi objek seperti bangunan terkenal, tumbuhan, hewan, dll., dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang objek tersebut. 

Namun, dengan pembaruan iOS 16, Apple mengintegrasikan fitur pembelajaran mesin ke dalam Visual Lookup yang memungkinkan Anda mengangkat subjek dari latar belakang dan menempelkannya ke aplikasi lain.

Baca Juga: Simak 9 Cara Mengatasi Layar HP Berubah Jadi Putih

6. NameDrop

NameDrop adalah salah satu fitur iOS 17 terbaik yang diumumkan Apple di WWDC 2023 . Ini merupakan perpanjangan dari fungsi AirDrop pada perangkat iOS yang disediakan untuk dengan mudah berbagi informasi kontak Anda dengan pengguna iPhone lainnya. 

Untuk mengakses layar NameDrop, yang perlu Anda lakukan hanyalah menempatkan tepi atas dua iPhone bersebelahan. Anda tidak perlu mengkhawatirkan privasi Anda karena NameDrop mengharuskan kedua iPhone dibuka kuncinya agar dapat berfungsi. 

Transfernya tidak otomatis melainkan dilakukan oleh pengguna, dan Anda memiliki kendali penuh atas detail kontak yang Anda bagikan dengan penerima.

Nah, itulah beberapa fitur iOS yang belum dimiliki Android. Fitur terbaik ini hanya dapat Anda temukan di produk Apple. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News