Santai

Feminisme Itu Apa sih? Simak Penjelasan Singkat tentang Gerakan Ini di Sini

Feminisme Itu Apa sih? Simak Penjelasan Singkat tentang Gerakan Ini di Sini

MOMSMONEY.ID - Yuk, kenali apa itu feminisme lebih dalam lagi lewat artikel ini.

Istilah feminisme tentunya bukanlah istilah yang asing bagi generasi masa kini. Dalam kepercayaan sosial dan ekonomi, feminisme erat kaitannya dengan kesetaraan gender antara pria dan perempuan secara politik.

Feminisme adalah sebuah gerakan yang digunakan untuk tujuan mendapatkan hal-hal yang sebelumnya tidak didapatkan oleh perempuan.

Gerakan ini diberi nama feminisme karena berhubungan dengan gender perempuan yang dalam bahasa Inggris adalah female.

Baca Juga: Pahami Feminisme Lewat 5 Buku dari Dalam dan Luar Negeri Populer Ini

Kesetaraan gender dan perjuangan kembali atas hak-hak dan kebebasan perempuan menjadi salah satu fokus feminisme yang terbagi menjadi tiga golongan.

Yakni, first wave, second wave, dan third wave feminism yang sudah dimulai pada abad ke 18 di Inggris dan Amerika Serikat yang kemudian meluas ke negara lainnya.

Sering kali feminisme disalahartikan sebagai gerakan yang anti pria. Gerakan ini juga sering disalahartikan sebagai gerakan untuk “menggusur” pria dan menggantikannya dengan perempuan.

Padahal, gerakan ini dimaksudkan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan di ranah publik dan tidak terbatas pada ranah domestik saja.

Perempuan yang menganut paham serta aktif dalam gerakan feminisme memiliki stereotip buruk di masyarakat.

Baca Juga: 6 Film Angkat Isu Feminisme dan Perempuan, Barbie Termasuk?

Seperti dikaitkan sebagai perempuan liar dan pembangkang yang kebanyakan adalah perokok, peminum, dan pernah dilukai sehingga mereka tidak percaya dengan pernikahan dan pria.

Dalam kenyataannya, banyak juga perempuan-perempuan berpendidikan tinggi dan memiliki citra baik juga merupakan seorang penganut feminisme.

Malah dalam hal perjuangan gender secara politik, perempuan dengan pendidikan tinggi memiliki peluang lebih besar dalam menciptakan kesetaraan hak dan kebebasan perempuan secara politik.

Seiring perkembangan zaman, gerakan feminisme yang awalnya untuk menyetarakan gender antara pria dan perempuan secara politik menjadi semakin berkembang ke berbagai aspek kehidupan.

Yaitu, dalam aspek sosial, ekonomi, politik, gaya hidup, sosiologi, seksual, dan bahkan dalam hal pendidikan.

Baca Juga: 5 Drakor Ini Ungkap Sisi Lain Ibu yang Mengharukan, Tonton yuk

Tak jarang bahkan semakin banyak film dan buku yang mengangkat isu mengenai feminisme dan ditampilkan dalam sebuah karya seni. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi dan menampilkan kenyataan mengenai situasi yang mendukung gerakan feminisme ini.

Selain untuk perempuan atau female, gerakan feminisme ini juga dikaitkan dengan kaum non-binary atau kaum yang mengalami krisis identitas sebagai pria atau perempuan. Sehingga membuat gerakan feminisme ini memiliki banyak pendukung dari hari ke hari.

Gerakan feminisme merupakan gerakan yang menjunjung tinggi persaudaraan antar perempuan. Terutama yang berjuang dalam menyetarakan gender antara perempuan dan pria.

Hingga kini, gerakan seperti aksi damai maupun long march kerap dilaksanakan untuk memperingati Women’s International Day sebagai hari besar bagi para penganut gerakan ini.

Nah, itulah tadi uraian singkat tentang apa itu gerakan feminisme yang sudah mulai banyak dianut oleh perempuan masa kini.

Selanjutnya: 7 Selebriti Dunia yang Pernah Alami Gangguan Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News